Jokowi Lakukan Kunker ke IKN, Tinjau Jembatan Pulau Balang dan Jalan Tol


TEMPO.CO, JakartaPresiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur, pada Ahad, 28 Juli 2024. Jokowi akan meninjau progres pembangunan jalan tol dan jembatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara.

Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 11.45 WIB. Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo 

Jokowi diharapkan tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan. Kemudian Jokowi dan Iriana akan menuju Jalan Bebas Hambatan Akses IKN Seksi 3A-5A, Kota Balikpapan, dengan menggunakan mobil.

“Presiden dan rombongan kemudian akan berganti kendaraan dengan sepeda motor untuk menuju Jembatan Pulau Balang, Kabupaten Penajam Paser Utara. Seraya berkendara sepeda motor, Presiden dan rombongan akan meninjau Jembatan Pulau Balang sebelum meresmikannya,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana, dalam keterangan tertulis.

Setelah peresmian Jembatan Pulau Balang, Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju IKN. Presiden, Ibu Iriana, dan rombongan akan bermalam di IKN untuk melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya.

Jembatan Pulau Balang bakal diresmikan Jokowi merupakan akses penghubung antara Balikpapan dengan IKN. Adapun progres ketiga seksi jalan tol yang akan ditinjau Jokowi yakni untuk jalan tol Akses IKN seksi 3A. PUPR sebelunya melaporkan progresnya sudah mencapai 88 persen. 

Iklan

Kemudikan untuk Tol Akses IKN Seksi 3B progresnya mencapai 91 persen, dan progres Tol Akses IKN Seksi 5A mencapai 88 persen. Pada intinya Jalan Tol Akses IKN siap untuk dimanfaatkan. “Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A, 3B dan 5A sudah siap untuk perayaan HUT RI 17 Agustus,” kata Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga di Jakarta, Jumat, 26 Juli 2024.

Pada kunjungan kali ini, Presiden Jokowi turut mengajak serta para penggiat seni dan pemengaruh atau influencer Tanah Air. Mereka akan diajak melihat progres pembangunan IKN. 

Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, serta Wishnutama Kusubandio, mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Kalimantan Timur kali ini.

Tampak mendampingi pula Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

Pilihan Editor: Presiden Jokowi Bertolak ke IKN Didampingi Sejumlah Influencer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *