Sekjen PSI Sebut Komitmen Prabowo-Gibran Soal Keberlanjutan Pembangunan IKN


TEMPO.CO, Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menekankan komitmen presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka alias Prabowo-Gibran mengenai keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN.

“Sejauh ini, sejak proses kampanye sampai terpilih, komitmen sustainability, keberlanjutan program-program Pak Jokowi, 100 persen dilaksanakan Pak Prabowo dan Mas Gibran, termasuk IKN,” kata Raja Juli yang juga Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Plt Wakil Kepala Otorita IKN di IKN, Kalimantan Timur, Senin, 29 Juli 2024.

Dia mengatakan tidak boleh ada keraguan politik tentang komitmen Prabowo-Gibran tersebut. Menurut dia, keduanya akan meneruskan pembangunan IKN seperti yang direncanakan. 

“Insyaallah, insyaallah (Prabowo-Gibran akan berkantor di IKN). Silakan tanya beliau,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi mulai berkantor di IKN pada Senin, 29 Juli 2024. Pada hari perdananya berkantor di IKN, Jokowi mengajak wartawan Istana Kepresidenan mengunjungi sejumlah titik di dalam dan luar Istana Garuda IKN.

Presiden juga melakukan rapat dengan Otorita IKN dan sejumlah menteri, serta menerima jajaran pemerintah daerah di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kadin Minta Pengusaha Lokal Jadi ‘Pemain Utama’ di IKN

Adapun Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta Presiden Jokowi meningkatkan peran pengusaha lokal sebagai ‘pemain utama’ dalam pembangunan IKN. Hal itu disampaikan Kadin Kalimantan Timur Dayang Donna Faroek setelah memenuhi undangan berdialog dengan Jokowi di Istana Garuda IKN pada Selasa, 30 Juli 2024.

“Dari teman-teman di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia sudah banyak yang dilibatkan, dari Kamar Dagang dan Industri juga sudah menjadi salah satu subkontraktor,” katanya.

Donna menuturkan, dari overall sekitar 4.500 lebih pengusaha Kadin, sekitar 10 persen di antaranya telah terlibat sebagai subkontraktor alat berat dalam pembangunan IKN. Para pengusaha lokal itu, kata dia, bergerak di bidang jasa konstruksi, batubara, hingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *