Kapan Presiden Jokowi Bakal Ajak Sekitar 500 Relawan ke IKN?


TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo yang juga Ketua Umum Relawan Projo, Budi Arie Setiadi, kembali mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal mengajak sekitar 500 relawan untuk melihat progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tadi sudah bilang sama bapak (Jokowi), tanggal 11. Kita berangkat (tanggal) 10 dan 11 (Agustus), tapi acaranya sama Pak Presiden tanggal 11 (Agustus). Iya, 500 orang,” kata Budi saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 31 Juli 2024, seperti dikutip dari Antara.

Budi menjelaskan bahwa ratusan relawan Projo akan bertemu dengan Presiden Jokowi pada 11 Agustus mendatang di IKN.

Menurut Budi, relawan memandang bahwa IKN adalah program warisan dari Presiden Jokowi. IKN, kata Budi, menjadi bukti komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia sentris.

Seluruh Istana Presiden yang ada di Indonesia, kata Budi, saat ini merupakan peninggalan kolonial atau zaman pemerintahan Belanda.

“Kalau teman bilang ini pembuatan negara itu artinya, karena istana kita istana di Indonesia ini semuanya produk kolonial. Kita bikin istana sendiri di Nusantara,” ujar Budi.

Budi menambahkan bahwa kunjungan relawan ini juga menjadi pengingat bahwa pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara merupakan bagian penting dalam membangun Indonesia untuk masa depan.

Rencana Jokowi bakal membawa 500 relawan ke IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada awal Agustus 2024 sebelumnya juga telah diungkapkan Budi di kantor DPP Gerindra, Jakarta Selatan, Sabtu, 27 Juli 2024.

Ketua Umum Projo ini menyampaikan bahwa dia diminta Jokowi mengurus keberangkatan sekitar 500 relawan.

Adapun Ketua Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Utje Gustav mengatakan, tanggal keberangkatan relawan ke IKN pada awal Agustus masih tentatif.

Iklan

“Bisa tanggal 4 Agustus, bisa tanggal 11 Agustus, bisa juga setelah tanggal itu. Tapi yang pasti bukan di hari kerja,” katanya melalui pesan singkat kepada Pace, Senin, 29 Juli 2024.

Utje mengatakan, IKN merupakan salah satu warisan pemerintahan Jokowi.

“Itu berarti legacy relawan juga,” katanya.

Dihubungi secara terpisah Pemimpin Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer, mengatakan pertemuan Presiden dan relawan bakal mengkomunikasikan pesan khusus seperti persiapan Upacara 17 Agustus, transisi pemerintahan ke Prabowo. 

“Sekarang ini kan opini IKN tidak ada, IKN ditinggalkan, nggak lah. Lanjut itu IKN,” ucap Ketua Umum kelompok relawan yang berganti nama menjadi Prabowo Mania, Senin, 29 Juli 2024, seperti dikutip dari Pace.

Diwartakan sebelumnya, pada Ahad, 28 Juli 2024, sejumlah influencer telah mendampingi Presiden Jokowi ke IKN saat meresmikan Jembatan Pulau Balang dan meninjau pembangunan jalan tol menuju IKN. Kini giliran relawan yang diundang ke IKN.

Sejumlah influencer yang mayoritas selebritas itu antara lain; Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Irwansyah dan Zaskia Sungkar, Ferry Maryadi, Omesh dan Dian Ayu, Gading Marten dan Poppy Sovia, Sintya Marisca, Willie Salim, Meicy Villa, hingga Dian Ayu Lestari.

DANIEL A. FAJRI | ANTARA

Pilihan Editor: Presiden Jokowi Ajak Sekitar 500 Relawan ke IKN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *