Sebut Banyak Nama Kompeten dalam Seleksi Capim KPK, Mahfud MD Berharap Prosesnya Obyektif


TEMPO.CO, Yogyakarta – Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md menyoroti sejumlah nama yang masuk dalam seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau capim KPK.

Pakar Hukum Tata Negara itu menilai dari sederet nama yang muncul, menurutnya banyak yang bisa diandalkan memimpin komisi anti rasuah itu ke depan.

“Ya saya lihat daftar nama yang muncul (mendaftar seleksi capim KPK) itu banyak yang bagus-bagus,” kata Mahfud MD di sela mengisi kuliah umum di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Rabu 31 Juli 2024.

Mahfud pun mencontohkan nama-nama yang menurutnya bagus itu. Di antaranya Sugeng Purnomo yang merupakan Pelaksana Tugas Deputi III Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam). Sugeng merupakan satu dari lima jaksa yang mendaftar sebagai calon pimpinan KPK.

Selain itu Mahfud juga menyebut nama mantan Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, mantan Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho, serta wartawan senior Budiman Tanuredjo.

“Jadi banyak yang bagus-bagus seperti Sugeng Purnomo, Sudirman Stated, Yanuar Nugroho, Budiman Tanurejo. Saya tidak bisa menyebut satu in line with satu,” kata Mahfud.

Iklan

Mahfud hanya berharap proses seleksi capim KPK ini berjalan objektif.

“Yang penting objektif, mencari yang terbaik,” kata dia.

Pada Rabu ini sebanyak 229 orang yang lolos seleksi administrasi capim KPK telah mengikuti tes tertulis dengan komposisi 214 pria dan 15 perempuan. 

Tes tertulis ini dibagi dua sesi. Bagi capim KPK akan mengikuti tes mulai pukul 07.30 hingga 11.00 WIB. Sementara tes tertulis bagi calon anggota Dewas KPK akan dimulai pada pukul 12.30 hingga 16.00 WIB.

Pilihan Editor: Nurul Ghufron Sebut Pertanyaan Tes Capim Sesuai Kondisi KPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *