Sudirman Mentioned, Nurul Ghofron hingga Ridwan Zulkarnain Hadiri Tes Tertulis Capim KPK Hari ini


TEMPO.CO, Jakarta – Sekitar 200-an orang calon pimpinan atau capim KPK tiba di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Rabu 31 Juli 2024. Mereka hendak menjalani tes tertulis seleksi capim KPK. 

Dari pantauan Pace, sejumlah peserta tampak hadir sejak pukul 07.30 WIB hingga 08.40 WIB. Di antaranya, mantan Menteri ESDM Sudirman Mentioned, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Harli Siregar, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dan Johanis Tanak. Lalu ada mantan Jubir KPK Johan Budi. Tampak pula Komisaris Jenderal Ridwan Zulkarnain Panca Putra. 

Panitia lantas memeriksa kartu peserta sekaligus kartu identitas para capim KPK terebut. Lalu, mereka diminta untuk menunggu di ruang tunggu yang berada di halaman gedung Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara. Panitia menyediakan tenda putih besar sekaligus kursi di dalamnya.

Sekitar pukul 08.50 WIB, para peserta kemudian mulai masuk ke dalam gedung untuk diberikan pengarahan. Berdasarkan jadwal, tes tertulis akan dilaksanakan pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB. Ruangan ujian steril sehingga tidak boleh diliput oleh media. 

Para peserta yang akan ikut tes tertulis ini sudah dinyatakan lolos tahapan seleksi administrasi. Tes tulis ini akan diikuti oleh 236 pendaftar calon pimpinan KPK dan 148 calon anggota Dewas KPK. Tes tertulis dibagi dua sesi. Bagi capim KPK akan mengikuti tes mulai pukul 07.30 hingga 11.00 WIB. Sementara tes tertulis bagi calon anggota Dewas KPK akan dimulai pada pukul 12.30 hingga 16.00 WIB.

Iklan

Dalam seleksi capim dan dewas KPK tahu ini, dari inside KPK terdapat 8 orang yang lolos seleksi administrasi capim KPK. Delapan orang itu berasal dari jabatan pimpinan hingga fungsional analisis.

Dari unsur Polri, ada 16 anggotanya di tahapan seleksi capim KPK yang lolos administrasi. Diantaranya, Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak dan Deputi Kordinasi dan Supervisi (Korsup) Irjen Didik Agung Widjonarko.

Mantan pegawai KPK yang dipecat saat tes wawasan kebangsaan (TWK) juga lolos. Mereka adalah Harry Muryanto, Giri Suprapdiono, Hotman Tambunan, serta Airien Marttanti. Ada juga politikus PDIP, Johan Budi dan Jurnalis senior Budiman Tanuredjo juga lolos seleksi administrasi.

Pilihan Editor: Dua Pimpinan KPK Lolos Seleksi Awal Capim, ICW Desak Pansel Koordinasi dengan Dewas Telusuri Rekam Jejak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *