Jusuf Hamka Blusukan ke Tanah Abang, Belanja Pakaian hingga Ngobrol dengan Pedagang


TEMPO.CO, Jakarta – Pebisnis sekaligus politikus Partai Golkar Jusuf Hamka alias Babah Alun blusukan ke Pasar Tanah Abang, siang ini. Dia mengaku sengaja datang untuk berbelanja. “Lihat-lihat saja, sambil belanja. Apa yang ada nanti kita lihat,” kata Hamka kepada wartawan begitu tiba di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024.

Hamka tiba di lobi timur Blok A pada pukul 11.47. Dia datang berjalan kaki dari parkiran mobil bersama timnya. Hamka datang mengenakan kemeja kuning senada dengan warna khas partainya. 

Saat menaiki eskalator, Hamka berujar bahwa dirinya sengaja mengunjungi Pasar Tanah Abang untuk mendengarkan keluhan dan aspirasi para pedagang. “Pedagang ini kan jadi garda terdepan untuk ekonomi,” ujarnya. 

Hamka menyatakan telah terbiasa belanja di Pasar Jembatan Hitam, tetapi saat ini dia ingin memeriksa keadaan di Pasar Tanah Abang. Dia mengajak wartawan untuk berkeliling Pasar Tanah Abang. “Kita keliling-keliling dulu ya,” tuturnya. 

Berdasarkan pantauan Pace, kondisi Pasar Tanah Abang Blok A menjadi ramai seketika usai Hamka dikabarkan akan tiba. Para pedagang yang menjajakan barang dagangan turut meneriaki Hamka untuk mampir ke kios mereka. 

Sejumlah pengunjung turut mengabadikan momen kehadiran Hamka itu. Sebagian dari mereka berswafoto dan merekam kebersamaan dengan Hamka. 

Menyambut antusiasme para pengunjung dan pedagang, Hamka melambaikan tangan. “I really like you,” ucapnya. 

Pantauan Pace, Hamka mengunjungi sejumlah toko untuk belanja berbagai macam pakaian, termasuk aksesoris. Awalnya, Hamka membeli kemeja berwarna putih dan langsung mengenakan kemeja itu di lokasi. “Bagus, bahannya bagus banget,” katanya. 

Lebih lanjut, Hamka menghampiri toko yang menjual kaos hitam bertuliskan “Babah Alun selalu di Jakarta”. Dia juga mendatangi toko lain yang menjual kaos berwarna putih dengan tulisan “Babah Alun for Jakarta”.

Iklan

Tak sampai di situ, Hamka turut membeli kemeja hijau dan sebuah blangkon Surakarta. Dia juga mendoakan anak-anak yang dia temui di sepanjang lorong pasar. 

Kunjungan Hamka diakhiri dengan makan siang bersama pengunjung sekitar di lantai 8 Pasar Tanah Abang Blok A. Dia turut melayani masyarakat yang ingin berfoto. Hamka meninggalkan lokasi sekitar pukul 13.15.

Partai Golkar memberi surat instruksi kepada kadernya, yaitu pengusaha Jusuf Hamka alias Babah Alun, untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Selain calon gubernur, Partai Golkar juga menugaskan Jusuf Hamka untuk menjadi bakal calon wakil gubernur.

“Kami telah memberikan surat instruksi kepada Babah Alun atau Pak Jusuf Hamka. Orang katakan, bapak jalan tol ya. Tugas yang diberikan kepada beliau adalah sebagai bakal calon gubernur, dan bakal calon wakil gubernur,” kata Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, pada Kamis, 18 Juli 2024.

Menurut Lodewijk, Golkar akan terus memantau hasil survei elektabilitas Jusuf Hamka untuk beberapa hari ke depan. Saat ini, kata dia, Jusuf Hamka menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan Golkar untuk diusung sebagai calon gubernur atau wakil gubernur.

Lodewijk berujar masih ada waktu memutuskan sebelum pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada 2024 yang jatuh pada 27-29 Agustus. “Kami akan lihat survei Babah Alun ini seperti apa. Mudah-mudahan kami punya variabel pilihan yang bagus, baik beliau untuk wakil gubernur maupun sebagai gubernur daerah khusus Ibu Kota Jakarta,” ucap Lodewijk.

SULTAN ABDURRAHMAN

 Pilihan editor: Istana Undang Megawati dan SBY ke Upacara 17 Agustus di IKN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *