Sinyal Kuat Golkar Dukung Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat, Ridwan Kamil di Jakarta


TEMPO.CO, Jakarta – Partai Golkar telah memutuskan untuk mendukung Dedi Mulyadi sebagai Calon Gubernur (Cagub) di Pilkada Jawa Barat 2024. Keputusan ini diumumkan setelah Dedi bertemu dengan utusan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, yaitu Singgih Januratmoko, serta sejumlah petinggi Golkar Jawa Barat di Bandung pada Jumat, 2 Agustus 2024 malam.

“Kita tadi sudah berdiskusi banyak, intinya bahwa kita mendukung Pak Dedi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur di Jawa Barat,” ujar Singgih melalui siaran pers yang diterima Pace, Sabtu, 3 agustus 2024. 

Dalam kesempatan yang sama, Dedi mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus Partai Golkar, terutama kepada Airlangga Hartarto atas kepercayaan yang diberikan.

“Saya mengucapkan terima kasih ya buat Mas Singgih dan jajaran pengurus DPP Partai Golkar khususnya buat ketua umum DPP Partai Golkar Pak Airlangga Hartarto bahwa utusannya sudah datang ke Jawa Barat untuk ngajak ngomong serius masalah tunangan di Provinsi Jawa Barat,” kata Dedi.

Rencananya, Dedi juga akan meminta restu dan persetujuan dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, untuk maju di Pilgub Jabar. Dalam pertemuan tersebut, mantan Bupati Purwakarta itu menerima sejumlah pesan dari Airlangga melalui telepon untuk mempersiapkan diri.

“Pak Airlangga pesan ke sayanya jangan terlalu jauh kalau primary dari luar rumah jangan melewati Jawa Barat, harus berada di wilayah Jawa Barat. Kemudian nanti cari pasangan di Golkar yang sesuai dengan kriteria sebagai calon istri (wakil) yang baik,” ujarnya.

Saat ini, Dedi juga telah berkomunikasi dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait pencalonan tersebut. Ia siap menerima keputusan sesuai arahan dari partai koalisi.

Bagaimana dengan Ridwan Kamil?

DPP Partai Golkar memberikan sinyal kuat akan mengusung Ridwan Kamil (RK) di Pilkada Jakarta 2024. Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengindikasikan hal tersebut setelah menghadiri acara puncak peringatan HUT Ke-46 Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) di Jakarta pada Jumat, 2 Agustus 2024.

“Kami sudah (ada) perkembangan tadi pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPD Partai Golkar, dan juga DPD Partai Gerindra, kemudian ada juga pertemuan antara calon gubernur Jawa Barat, saudara Dedi Mulyadi, dengan pengurus Golkar juga, antara lain wakil ketua, Pak Ade Ginanjar. Jadi, pembicaraan sudah sampai sana,” kata Airlangga menjawab pertanyaan wartawan, dikutip dari Antara.

Meskipun demikian, Airlangga tidak secara eksplisit menyatakan keputusan partai untuk mendukung Ridwan Kamil di Jakarta. Namun, pertemuan dengan Gerindra dan Dedi Mulyadi di Jawa Barat memberikan indikasi kuat arah dukungan Golkar.

“Ya kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu, berarti Jakarta siapa,” ujar Airlangga, mengisyaratkan kemungkinan besar Ridwan Kamil diusung untuk Pilkada Jakarta.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus juga menyebut ada kecenderungan partainya untuk memajukan Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur di Jakarta.

“Pak Dedi di sana (Jawa Barat) berarti otw RK jadi benar. Mungkin baliho dipasang lagi kali ya, gimana setuju gak?” ujarnya menjawab pertanyaan wartawan.

Namun, hingga saat ini belum ada keputusan resmi dari Partai Golkar mengenai bakal calon gubernur yang akan diusung untuk Pilkada di Jakarta dan Jawa Barat. Lodewijk menambahkan bahwa keputusan tersebut kemungkinan akan diumumkan sebelum masa pendaftaran calon dibuka oleh KPU RI pada 27 Agustus 2024.

Pilihan Editor: PSI Dorong Mantan Istri Ahok Dampingi Ridwan Kamil untuk Maju di Pilkada Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *