Gerindra Sebut Cawagub Pendamping Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar dari Golkar


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membicarakan pencalonan eks Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jawa Barat 2024. Dedi Mulyadi yang merupakan kader Partai Gerindra sebelumnya telah menerima dukungan Gerindra dan Golkar untuk maju sebagai calon gubernur Jabar.

Menurut Dasco, Dedi akan didampingi kader Partai Golkar untuk Pilgub Jawa Barat 2024. “Pasangan Demul (Dedi Mulyadi) dari Golkar,” kata Dasco di kompleks parlemen Senayan, Jakarta pada Senin, 5 Agustus 2024.

Meski begitu, Dasco belum mengatakan siapa kader partai beringin yang akan menjadi pasangan Dedi Mulyadi. Dia berujar nama orang tersebut akan diungkapkan dalam waktu dekat. “Namanya (diumumkan dalam) sehari-dua hari,” kata dia.

Golkar sebelumnya mengumumkan dukungannya terhadap Dedi Mulyadi untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jabar. Kabar itu disampaikan setelah pertemuan Dedi Singgih Januratmoko, utusan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, serta sejumlah petinggi Golkar Jawa Barat di Bandung pada Jumat, 2 Agustus 2024.

“Kami tadi sudah berdiskusi banyak. Intinya bahwa kami mendukung Pak Dedi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur di Jawa Barat,” kata Singgih melalui siaran pers yang diterima Pace, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Iklan

Setelah Golkar memberi dukungan untuk Dedi Mulyadi di Pilgub Jawa Barat, Airlangga Hartarto memberi isyarat Golkar akan mengusung Ridwan Kamil atau RK untuk maju di Pilgub Jakarta 2024. Sebelumnya, RK diisukan akan maju kembali sebagai calon petahana di Pilgub Jawa Barat 2024. 

Meski tak menyebutkan secara gamblang keputusan partainya untuk memajukan RK di Jakarta, ia menyebut pertemuan Golkar dengan Gerindra dan Dedi Mulyadi untuk Pilgub Jawa Barat itu telah jelas arahnya. “Ya, kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu, berarti Jakarta siapa?” kata Airlangga pada Jumat, 2 Agustus 2024 dikutip dari Antara.

Sekretaris Jenderal DPP Golkar Lodewijk F. Paulus mengatakan, ada kecenderungan partainya mendorong RK sebagai bakal cagub di Jakarta. “Pak Dedi di sana (Jawa Barat) berarti OTW RK (ke Jakarta) jadi benar. Mungkin baliho dipasang lagi kali ya, bagaimana setuju enggak?” kata Lodewijk menjawab pertanyaan wartawan.

Pilihan Editor: Sederet Sinyal Ridwan Kamil Menuju Pilgub Jakarta Kian Kuat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *