Heru Budi Sebut Kirab Rangkaian HUT RI ke-79 Tidak Akan Timbulkan Kemacetan


TEMPO.CO, Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta sekaligus Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan kirab perayaan HUT RI ke-79 di Jakarta tidak akan menimbulkan kemacetan.

“Enggak (macet) itu rangkaian kirab biasa saja. Artinya melewati jalur jalan yang ada sekarang. Mungkin ada titik-titik keramaian anak-anak sekolah di HI, Patung Kuda, sekitar Semanggi dan sekitar Cawang,” kata Heru di Gedung Kesenian DKI Jakarta, Jakarta Pusat pada Rabu, 7 Agustus 2024. 

Kirab, menurut Heru, bakal digelar pada Sabtu, 10 Agustus 2024 mulai pukul 08.00 dari Cawang menuju Monumen Nasional atau Monas. Usai prosesi dalam kirab itu, ada penyerahkan bendera pusaka, duplikat pusaka dan duplikan proklamasi yang dilakukan oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) ke Heru. “Terus menuju Halim, dari Halim ke IKN. Di sana ada Paskibra juga posisinya telah kami siapkan,” tutur dia.

Menurut Heru titik rangkaian kirab di DKI Jakarta yakni dari Monas, Jalan Thamrin, Jalan Gatot Soebroto, Cawang kemudian ke Halim.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengumumkan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT RI ke-79. Rangkaian ‘Bulan Kemerdekaan’ sudah berlangsung pada Kamis, 1 Agustus 2024, dengan zikir dan do’a kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta.

Pemerintah akan menggelar upacara 17 Agustus tahun ini di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pengibaran bendera di IKN akan dibarengi upacara secara hybrid di Istana Merdeka Jakarta. Perayaan tahun ini bertemakan ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’.

‘Bulan Kemerdekaan’ mencakup schedule pokok seperti upacara pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo atau atau Jokowi yang akan diselenggarakan di IKN. Kemudian upacara penganugerahan tanda kehormatan Paskibraka akan dilaksanakan di istana negara di Jakarta.

Iklan

Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraaan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2025 di Gedung Nusantara Senayan pada 16 Agustus 2024 terlebuh dahulu. 

Apel kehormatan dan renungan suci diselenggarakan pada pukul 00.00 WIB, 17 Agustus 2024. Pidato kenegaraan dan penyampaian RAPBN dan nota keuangan diselenggarakan di gedung Nusantara gedung MPR DPR DPD. Kemudian pada 17 Agustus pagi, upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia mengikuti waktu Indonesia Barat.

“Nah upacaranya, tata upacara militer itu dilaksanakan di IKN dengan inspektur upacara bapak presiden. Sedangkan acara upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN,” kata Pratikno.

Selain schedule pokok, ‘Bulan Kemerdekaan’ ada prosesi kirab pengiriman duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah proklamasi dari Monas ke IKN. Kemudian juga ada pameran bersama, arsip kepresidenan, di Taman Ismail Marzuki mulai 8 sampai 20 Agustus 2024.

Daniel A. Fajri berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan Editor: Istana Bantah Sewa 1.000 Mobil VVIP untuk Upacara 17 Agustus di IKN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *