Kirab Bendera Merah Putih Tiba di IKN, Jokowi: Bawa Harapan dan Semangat Bangsa


TEMPO.CO, Jakarta – Prosesi kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi dari Monumen Nasional (Monas) menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) telah selesai pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut prosesi kirab menjadi momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. 

Kirab merupakan bagian dari Peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT RI ke-79 pada 17 Agustus mendatang. Jokowi mengatakan Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila 2023 telah tiba di Bandara Internasional Sultan Aju Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Empat pemudi Indonesia dengan penuh semangat memikul tanggung jawab besar. Mereka tidak hanya membawa bendera dari Monas ke Ibu Kota Nusantara, tetapi juga membawa harapan dan semangat bangsa,” ucap Jokowi melalui akun media sosial Instagram @jokowi pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Pemudi itu adalah Kachina Ozora asal Kalimantan Tengah bertugas sebagai pembawa bendera, Keyla Purnama asal Sumatera Selatan sebagai pembawa teks proklamasi, Lilly Wenda dari Papua Pegunungan, dan Naila Sinapoy dari Banten. 

Di tangan mereka, Merah Putih menjadi simbol tekad, kerja keras, dan cinta yang tulus untuk bangsa dan negara,” kata Jokowi.

Tim Purna Paskibraka itu telah menjalani latihan intensif selama tiga minggu di Cibubur dan Monas. Kachina tahu betul tugasnya bukan sekadar prosesi simbolis. Menurut dia, ini menjadi wujud nyata dari komitmen generasi muda untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah, kuat, dan bersatu. 

“Rasanya saya sangat bangga dan bersyukur karena bisa menjadi salah satu bagian dari pemindahan maupun pengantar bendera Merah Putih dari Monas menuju Nusantara,” kata Kachina melalui laman resmi Presiden RI pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Iklan

Senada dengan Kachina, Keyla Purnama sebagai pembawa teks proklamasi bercerita, tugas tersebut menjadi puncak dari perjalanan panjangnya sebagai seorang Purna Paskibraka. “Saya sangat bangga dan bersyukur bisa terpilih,” ujarnya.

Sementara itu, Lilly Wenda mengatakan momen itu menjadi bukti nyata bahwa anak muda Papua bisa berdiri sejajar dengan pemuda dari seluruh Nusantara. Ia membawa semangat dan harapan sama agar Indonesia lebih maju.

Naila Sinapoy pun merasa bangga bisa menjadi bagian dari sejarah tersebut. Baginya ini bukan sekedar ritus tahunan, tetapi langkah awal menuju masa depan di ibu kota yang baru. 

Duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi dikirim dari Jakarta menuju Balikpapan menggunakan pesawat TNI AU jenis Boeing 7373-400. Pesawat lepas landas sekitar pukul 09.55 WIB dari Bandara Halim.

Usai tiba di IKN, duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi disimpan di Ruang Bendera Istana Negara IKN guna Peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2024.

Pilihan Editor: Kachina Ozora dan Keyla Azzahra Purnama Jadi Pembawa Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi ke IKN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *