Presiden Jokowi Bertolak ke IKN untuk Gelar Sidang Kabinet Besok


TEMPO.CO, Jakarta Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur, pada Ahad, 11 Agustus 2024. Jokowi akan menggelar Sidang Kabinet paripurna di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, besok.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana  mengatakan presiden akan kembali berkantor di IKN selama beberapa hari ke depan. “Presiden diagendakan untuk melakukan sidang kabinet paripurna pertama di IKN dan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah infrastruktur pendukung di IKN,” ucap Yusuf dalam keterangan tertulis pada Ahad.

Kepala Negara dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Mereka terbang menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 14.00 WIB. 

Jokowi akan langsung menuju IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara. Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, dengan menggunakan helikopter Tremendous Puma TNI AU, presiden akan bermalam di IKN untuk melanjutkan kegiatan keesokan harinya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Agraria Raja Juli Antoni, turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke IKN pada hari ini.

Seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju dipastikan sudah diundang untuk hadir pada Sidang Kabinet di IKN pada 12 Agustus 2024. Yusuf Permana, ketika dikonfirmasi oleh Pace mengatakan bahwa pembantu Presiden akan menginap di Lodge Nusantara.

Iklan

Menteri Sekretaris Negara Pratikno memberikan gambaran, schedule sidang kabinet pertama di IKN secara umum akan membahas perencanaan program pemerintah tahun depan dan evaluasi tahun ini.

“Apalagi ini di masa-masa akhir pemerintahan Presiden Jokowi, kemudian transisi ke Presiden Prabowo,” kata Pratikno ditemui usai rapat di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Mensesneg tidak merincikan substansi rapat yang dimaksud. “Seperti sidang kabinet pada umumnya, bersifat umum,” ucap Pratikno.

Pilihan editor: Suasana Kantor DPP Golkar Dijaga Ketat Usai Airlangga Mundur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *