Ragam Reaksi atas Mundurnya Airlangga Hartarto dari Kursi Ketum Golkar


TEMPO.CO, Jakarta – Airlangga Hartarto memutuskan mundur dari kursi Ketua Umum Partai Golkar setelah menjabat selama hampir dua periode. Keputusan itu diambil Airlangga sejak Sabtu, 10 Agustus 2024. Melalui rekaman video, Airlangga mengatakan keputusannya untuk mundur diambil berdasarkan sejumlah pertimbangan, salah satunya menjaga keutuhan partai berlambang pohon beringin itu.

“Dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu dalam rekaman video yang diperoleh Pace pada Ahad, 11 Agustus 2024.

Sesuai dengan jadwal, proses pergantian ketua umum Golkar dilakukan lewat pelaksanaan musyawarah nasional yang akan berlangsung pada Desember 2024.

Megawati Menyatakan Prihatin dan Khawatir

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri prihatin dan khawatir setelah Airlangga Hartarto mundur sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Menurut Hasto, Presiden Indonesia ke-5 itu khawatir mundurnya Airlangga akan berimbas pada kehidupan demokrasi di kemudian hari. Hasto mengklaim pernyataan tersebut diperoleh dari Megawati langsung usai diminta melaporkan perihal pengunduran diri Airlangga.

“Ibu Mega khawatir karena implikasinya nanti juga sangat luas,” kata Hasto usai konferensi pers di acara Soekarno Run 2024 pada Ahad, 11 Agustus 2024.

Hasto mengatakan PDIP menjadikan situasi politik yang terjadi hari ini sebagai pembelajaran berharga untuk mengokohkan kekuatan partai secara kolektif. Sebab, kekuatan kolektif dinilai akan menguatkan partai meski mendapat tekanan apa pun.

Dia menilai Airlangga sebagai komunikator yang baik dalam segi politik. Namun dia menegaskan PDIP tak ingin mencampuri persoalan partai lain. Menurut dia, meski PDIP merasakan suasana kebatinan terhadap pengunduran diri Airlangga, sebagai partai, PDIP tidak memiliki kewenangan untuk ikut campur dalam urusan interior Golkar.

“Tetapi tentu saja terhadap apa yang terjadi, itu sangat mengejutkan. Kami prihatin,” ujar Hasto.

Dasco Klaim Prabowo Tak Mau Cawe-cawe Urusan Golkar

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan sampai saat ini belum ada diskusi dengan presiden terpilih Prabowo Subianto mengenai pengunduran diri Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Namun Dasco menyatakan Prabowo, yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, tidak mau cawe-cawe atau ikut campur urusan interior partai beringin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *