Usai Mundur, Airlangga Makan Malam di IKN Duduk Sebelah Jokowi


TEMPO.CO, Jakarta – Usai mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartato makan malam bersama Presiden Joko Widodo pada Ahad, 11 Agustus 2024. Airlangga bersama seluruh jajaran menteri kabinet Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin makan malam di house Sumbu Kebangsaan, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kegiatan itu dipublikasikan oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni lewat akun Instagramnya @rajaantoni pada Minggu malam.

Dalam foto yang diunggah oleh Raja Juli, tampak Jokowi diapit oleh Airlangga dan Ma’ruf Amin. Di depan Jokowi, duduk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo duduk di samping Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“KIM di IKN,” ujar Raja Juli dalam akun Instagramnya. Diketahui, Jokowi dan para menterinya itu berkumpul di IKN untuk menggelar Sidang Kabinet pada Senin, 12 Agustus 2024.

Di Instagram Menteri Keuangan Sri Mulyani, Jokowi juga terlihat duduk di sebelah Airlangga. Sri memposting foto dia bersama Luhut yang sedang selfie. Dalam foto itu, nampak Ma’ruf Amin, Prabowo, hingga Airlangga.

Iklan

Sebelumnya, Airlangga Hartarto disebut telah meneken surat pengunduran diri pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Ia berujar keputusan itu berdasarkan dari berbagai pertimbangan salah satunya untuk menjaga keutuhan partai.

Airlangga berpesan Golkar dapat terus mengawal demokrasi, sebab bagi dia, partai politik adalah pilar demokrasi di Indonesia. “Kita harus memastikan bahwa demokrasi kita terus berjalan dari satu generasi ke generasi berikutnya,” ucapnya melalui video yang beredar pada Ahad, 11 Agustus 2024.

Airlangga mengatakan keputusan dia mengundurkan diri guna memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat. Airlangga adalah Ketua DPP Golkar periode 2009-2015.

Pilihan Editor: Cara Jokowi Mengatur Siapa yang Menjabat Ketua Golkar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *