Begini Bolak-balik Presiden Jokowi Melakukan Reshuffle Kabinet dalam 2 Tahun Terakhir


TEMPO.CO, Jakarta – Kabar Presiden Jokowi akan mengadakan reshuffle kabinet merebak sejak awal pekan ini. 

Menurut Koran Pace edisi Selasa, 13 Agustus 2024, dari sumber-sumber istana, politikus Partai NasDem dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dikabarkan akan dikeluarkan dari kabinet. Mereka adalah Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

Satu Menteri lainnya yang dikeluarkan dari kabinet adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif. Ia konon akan digantikan Bahlil Lahadalia, sementara jabatan Menteri Investasi akan diberikan pada Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dalam pilpres 2024.

Yasonna disebut akan diganti oleh Supratman Andi Agtas, politikus Partai Gerindra. Ia adalah anggota DPR periode 2019-2024. Calon pengganti Siti Nurbaya adalah Raja Juli Antoni, kini Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Presiden Joko Widodo di sela-sela kegiatannya di IKN, mengatakan bahwa perombakan kabinet hanya akan dilakukan jika diperlukan. “Ya kalau diperlukan. Saya ‘kan sudah ngomong dari dulu, kalau diperlukan. Saya masih punya hak prerogatif itu,” kata Jokowi di sela kegiatan kerja di IKN, Rabu, 14 Agustus 2024.

Dalam 2 tahun terakhir, Jokowi telah melakukan setidaknya lima kali reshuffle kabinet. Berikut kilasnya. 

3 April 2023

Dalam reshuffle kali ini, Jokowi menunjuk Dito Ariotedjo menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga menggantikan Zainudin Amali yang terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). 

Iklan

Senin, 17 Juli 2023

Presiden Jokowi mengangkat pendiri Projo, Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johnny G Plate yang tersandung kasus korupsi menara BTS.

Ada pula Nezar Patria dilantik sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Paiman Raharjo sebagai menjadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) menggantikan Budi Arie Setiadi. Kemudian Rosan Roeslani dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN menggantikan Pahala Mansury; Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) menggantikan Mahendra Siregar; Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wakil Menteri Agama (Wamenag) menggantikan Zainut Tauhid Sa’adi. 

Rabu, 21 Februari 2024

Tak lama setelah Pemilu 2024 usai, Presiden Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet. Jokowi mengamanahi Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Hadi Tjahjanto yang dalam waktu bersamaan diangkat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD yang mundur usai menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo.

Pilihan editor: Soal Isu Reshuffle Kabinet, Zulhas: Terserah Presiden Mau 19 atau 20 Agustus Hak Beliau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *