Tiga Ketum Parpol Non-KIM Sowan ke Prabowo secara Bergantian, Kompak Nyatakan Dukungan


TEMPO.CO, Jakarta – Tiga ketua umum (ketum) partai politik (parpol) yang tidak bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024 mengunjungi kediaman presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Mereka sowan ke rumah Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan secara bergantian pada Kamis sore hingga malam, 15 Agustus 2024.

Ketiga pemimpin parpol tersebut adalah Ketum Partai NasDem Surya Paloh, Pelaksana tugas (Plt) Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono, dan Ketum Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo. Kunjungan mereka hanya berbeda beberapa menit antara satu sama lain.

Paloh jadi ketum parpol pertama yang mengunjungi Prabowo. Paloh tiba di rumah Prabowo pada sekitar jam 16.18 WIB. Politikus Partai NasDem sekaligus eks Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat ikut menemani Surya. Paloh dan Viktor baru keluar dari rumah Prabowo dua jam kemudian, yaitu pada 18.15 WIB.

Beberapa menit setelah kepergian Paloh, pimpinan PPP, Mardiono, tiba di Jalan Kertanegara IV pada 18.28 WIB. Persamuhan pimpinan Partai Kabah itu dengan Prabowo berlangsung singkat. Mardiono terlihat didampingi Prabowo keluar dari rumah pada jam 18.45 WIB.

 Tak sampai 15 menit kemudian, Angela sampai di tempat tinggal Prabowo. Angela, yang baru menggantikan ayahnya, Hary Tanoesoedibjo, sebagai Ketum Perindo, berada di rumah tersebut dari jam 18.55 hingga 19.19 WIB.

NasDem, PPP, dan Perindo diketahui berbeda kubu dengan Prabowo dan Gerindra di Pilpres 2024. Prabowo bersama Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon presiden dengan diusung KIM.

Sementara NasDem maju bersama Koalisi Perubahan dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai kandidat presiden. Sementara itu, PPP dan Perindo bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Nyatakan dukung Prabowo

Iklan

Paloh , Mardiono, dan Angela kompak mengatakan bahwa partai mereka masing-masing akan mendukung presiden dan wakil presiden terpilih seusai kunjungan ke rumah Prabowo malam ini.

“NasDem jelas menyatakan, dengan seluruh daya upaya yang ada apa yang dimilikinya berkepentingan untuk menyukseskan pemerintahan ini,” kata Paloh.

Sedangkan Mardiono mengatakan, “PPP berkomitmen akan mendukung jalan pemerintahan di bawah Bapak Presiden, Bapak Prabowo.”

Senada Paloh dan Mardiono, Angela menyatakan, partainya akan mendukung Prabowo.

“Betul. (Perindo) resmi mendukung pemerintahan yang sah, Prabowo-Gibran,” ujar Angela.

Pilihan Editor: Prabowo soal Jatah Menteri Partai Pendukung Baru di KIM: Ada yang Tidak Minta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *