Ma’ruf Amin Terharu Ikuti Upacara Kemerdekaan Terakhir Sebagai Wapres


TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-79 RI di Istana Merdeka, Jakarta pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Perayaan kemerdekaan RI ini menjadi yang terakhir kalinya dihadiri Ma’ruf sebagai wapres.

Ditemui seusai menyaksikan upacara penurunan bendera, Ma’ruf mengaku terenyuh. “Pasti terharu. Saya bilang ini kan hari ulang tahun (RI) sekaligus pamitan,” kata Ma’ruf di halaman Istana Merdeka, Sabtu 17 Agustus 2024.

Ma’ruf mengatakan peringatan HUT RI tahun ini terasa sangat meriah. Sebab, kata dia, perayaan dilakukan di dua lokasi, yaitu Istana Merdeka di Jakarta dan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Ma’ruf memperingati HUT ke-79 RI di Jakarta bersama wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Keduanya menyaksikan bersama siaran langsung upacara bendera yang bertempat di IKN.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo alias Jokowi memimpin upacara di IKN sebagai inspektur upacara. Kepala Negara juga didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Ma’ruf mengaku dirinya terharu karena telah melaksanakan upacara 17 Agustusan terakhir sebagai Wakil Presiden. “Kita meninggalkan (jabatan) sebagai wakil presiden sangat terharu diperingati dengan begitu meriah di dua tempat,” ucap Ma’ruf.

Iklan

Saat menyaksikan upacara penurunan bendera, Ma’ruf dan Gibran tampak menggenakan jas dengan kemeja putih yang dilengkapi dasi merah. Gibran terlihat mengenakan jas berwarna hitam, sementara Ma’ruf memakai jas biru gelap.

Pada pagi harinya, Ma’ruf Amin dan Gibran juga hadir di Istana Merdeka untuk menyaksikan upacara pengibaran bendera yang berlangsung di IKN. Ma’ruf mengenakan pakaian adat Melayu Sambas berwarna oranye saat upacara pengibaran berlangsung. Sementara itu, Gibran memakai baju adat Papua bernuansa cokelat dan hitam.

Ma’ruf dan Gibran sempat meninggalkan Istana Merdeka seusai menyaksikan upacara pengibaran bendera. Mereka kembali ke gedung kepresidenan itu pada sore hari untuk melihat upacara penurunan bendera Merah Putih.

Pilihan Editor: Paskibraka di Istana Jakarta Tak Bawa Bendera saat Upacara HUT ke-79 RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *