Menteri ATR/BPN AHY dan Istri Dapat Sepeda Gunung dari Jokowi di IKN


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan hadiah satu unit sepeda gunung untuk Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan istrinya, Annisa Pohan, karena mereka mengenakan pakaian adat terbaik.

Momentum itu berlangsung usai upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangkaian HUT Ke-79 RI di Lapangan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Sabtu sore, 17 Agustus 2024.

AHY dan Annisa dinilai berhak atas hadiah berupa sepeda gunung dari Jokowi setelah memenuhi elemen tradisional diadaptasi dengan cara yang segar dan relevan dengan cara kontemporer.

Ketua Umum Partai Demokrat itu juga memperoleh ucapan selamat secara langsung dari Presiden Jokowi yang turun dari podium menghampiri AHY dan Annisa.

Pada upacara pengibaran bendera Merah Putih di IKN pada pagi harinya, AHY dan Annisa juga tampil serasi mengenakan pakaian adat dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Pada kesempatan itu, AHY mengungkapkan rasa bangganya mengikuti upacara perdana di IKN.

Iklan

“Merasa senang, terhormat dan bangga karena ini pertama kalinya dalam sejarah Republik Indonesia kita memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara yang baru,” ujar AHY, Sabtu pagi, 17 Agustus 2024.

Annisa menambahkan bahwa pilihan pakaian adat mereka merupakan bentuk penghormatan terhadap kearifan lokal.

“Kami berdua pakai karena kami berada di Pulau Kalimantan, jadi kami ingin memakai sesuatu kearifan lokal, di mana kita berada di situ kita junjung adat setempat,” ujar Annisa.

Pilihan Editor: Istana Minta PDIP Tarik Kader dari Kabinet, Hasto Bilang Presiden Harus Siap Dikritik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *