Lowongan CPNS Dibuka Hari Ini, Simak Petunjuk Pendaftarannya


TEMPO.CO, Jakarta – Badan Kepegawaian Negara atau BKN membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun 2024 pada Selasa, 20 Agustus 2024 pukul 17.08.455 WIB. Pendaftaran ditutup pada 6 September 2024. 

Adapun informasi ketersediaan formasi, keterangan jabatan yang dibuka, element activity table, kisaran penghasilan akan tersedia di portal sistem seleksi calon ASN (SSCASN) pada kolom menu pencarian informasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Vino Dita Tama menjelaskan pada menu tersebut, tiap instansi akan mengumumkan daftar lowongan kuota formasi, baik kementerian/lembaga/daerah secara bertahap. Peserta dapat mengeceknya secara berkala.

“Jadi selain mengecek lowongan formasi melalui kanal penerimaan CPNS Tahun 2024 di masing-masing instansi, pelamar juga dapat melihat keterangan formasi jabatan yang akan dilamar pada menu pencarian informasi tentang element formasi di portal SSCASN BKN,” ucapnya melalui keterangan tertulis pada Senin, 19 Agustus 2024. 

Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyediakan formasi CPNS Tahun 2024 sebanyak 250.407 di 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah. 

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Purtanto menyebutkan proses rekrutmen CPNS akan melibatkan sejumlah instansi yang tergabung di Panselnas.

Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur seperti akses penyediaan jaringan komunikasi knowledge penyelenggaraan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI) milik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Haryomo berujar pemerintah telah mengawasi keamanan teknologi informasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), tracking teknologi infrastruktur dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), serta penyediaan elektronik materai bersama dengan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI). 

Iklan

Salah satu syarat yang pendaftar adalah Warga Negara Indonesia. Oleh karena itu, BKN melakukan interoperabilitas knowledge calon pelamar dengan knowledge kependudukan yang dikelola Dukcapil Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab atas knowledge kependudukan. 

BKN mengimbau kepada pelamar sebelum mendaftar untuk membaca element persyaratan dan kualifikasi jabatan sesuai pengumuman lowongan formasi. Pelamar diharapkan membaca Buku Petunjuk Pendaftaran di Portal SSCASN sebelum mulai membuat akun dan mendaftar. 

Setelah melakukan put up seluruh dokumen yang sesuai dengan persyaratan, pelamar diimbau agar segera mengakhiri pendaftaran tanpa perlu menunggu periode pendaftaran berakhir. Hal itu untuk menghindari jika terjadi kendala menjelang tanggal penutupan pendaftaran.

Cara Buat Akun SSCASN 2024

Melansir Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2023, berikut tata cara membuat akun di portal SSCASN:

  1. Kunjungi laman https://sscasn.bkn.move.identification/ melalui peramban (browser). Usahakan untuk menggunakan perangkat desktop, pc, atau komputer agar memudahkan proses pembuatan akun.
  2. Tekan menu Buat Akun.
  3. Masukkan nomor induk kependudukan (NIK); nomor kartu keluarga (KK); nama lengkap, tanggal lahir, dan tempat lahir sesuai kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP); nomor ponsel aktif; serta alamat surel (e-mail) aktif.
  4. Ketik kode captcha yang muncul pada layar.
  5. Tekan tombol Lanjutkan.
  6. Selanjutnya akan muncul formulir Pendaftaran Akun SSCASN 2024.
  7. Lengkapi kembali knowledge diri, seperti pilih jenis kelamin, buat kata sandi, serta pilih pertanyaan dan jawaban pengaman.
  8. Unggah foto atau hasil pindai (scan) e-KTP dengan structure jpg/jpeg dan maksimal ukuran 200 Kb.
  9. Ambil swafoto (selfie) sesuai dengan tampilan contoh gambar yang tertera.
  10. Masukkan kembali kode captcha, lalu ketuk Lanjutkan.
  11. Periksa kembali knowledge isian, lalu tekan tombol Proses Pendaftaran Akun.
  12. Selanjutnya, akan muncul tampilan notifikasi “Pendaftaran Akun SSCASN” selesai.
  13. Tekan tombol “Lanjutkan Login Pendaftaran” untuk melanjutkan registrasi atau “Cetak Informasi Pendaftaran” untuk mencetak kartu informasi akun. 

Melynda Dwi Puspita berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan editor: Sekjen Golkar Sebut Gibran Punya Kepentingan Hadiri Deklarasi Ridwan Kamil-Suswono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *