PKB Ultimate Dukung Gerindra Usung RK di Pilgub Jakarta, PDIP Masih Tunggu Muktamar?


TEMPO.CO, Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Hasanuddin Wahid menegaskan bahwa keputusan partainya bergabung ke Gerindra itu sudah ultimate dan bakal mendukung calon yang didukung Gerindra, yakni Ridwan Kamil atau RK di pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta.

“Intinya kita bersama Gerindra dan semua partai yang mendukung calon dari Gerindra di Pilkada DKI,” kata Hasanuddin di Lodge Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad, 18 Agustus 2024.

Pengumuman resmi dukungan itu akan dinyatakan pada hari ini, Senin, 19 Agustus 2024 bersama dengan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Diketahui, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga telah bergabung ke KIM dan mengajukan kadernya, Suswono, sebagai pendamping RK di Pilgub Jakarta. 

Sementara itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan, partainya dengan Partai Gerindra sudah berkoalisi. Adapun alasannya, menurut Cak Imin, karena PKB memiliki kecocokan dengan Gerindra untuk meluruskan ekonomi berbasis konstitusi.

“Ekonomi berbasis konstitusi, ekonomi yang berbasis kepada keberpihakan pada ekonomi kerakyatan. Di sini penting,” kata Cak Imin dalam sambutan acara penyerahan surat dukungan untuk calon kepala daerah Pilkada 2024 PKB di Lodge Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, pada Ahad, 18 Agustus 2024.

Dengan bergabungnya PKB ke KIM, menutup peluang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berkoalisi dengan PKB.

Iklan

Padahal sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya sedang menjajaki peluang membentuk poros koalisi dengan PKB untuk mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta. Namun, ujarnya, belum ada keputusan ihwal potensi koalisi PDIP dengan PKB itu.

Perihal peluang berkoalisi itu, Hasto mengatakan masih menunggu hasil dari pelaksanaan Muktamar PKB.

“Kami tunggu muktamar dari PKB. PKB juga baru melakukan langkah konsolidasi,” kata dia ditemui di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad, 18 Agustus 2024.

Adapun Muktamar PKB diagendakan berlangsung di Badung, Bali, pada 24-25 Agustus 2024. Muktamar PKB akan menetapkan kebijakan-kebijakan pokok dan garis besar haluan pemenangan Pemilu partai menyongsong 2029, dan pemilihan ketua umum.

NOVALI PANJI NUGROHO | MOCHAMAD FIRLY FAJRIAN

Pilihan Editor: PKB Tinggalkan Anies, Dukung Gerindra Ajukan RK di Pilgub Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *