Survei SMRC: Anies Unggul di Kalangan Pekerja Kerah Biru, Ridwan Kamil di Kelompok Ibu Rumah Tangga


TEMPO.CO, Jakarta – Saiful Mujani Analysis and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru yang menyatakan mayoritas pemilih dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih memilih Anies Baswedan jika Pilgub Jakarta dihelat saat survei berlangsung.

Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani mengatakan, pihaknya mencatat Anies mendapatkan suara 94 persen dari pemilih PKS, unggul dari Ridwan Kamil (RK) yang mendapatkan suara lima persen.

“Misalnya PKB 73 persen itu yang bisa ditarik oleh Anies Baswedan, kemudian Ridwan Kamil cuma 17 (persen). Pada pemilih Nasdem, Anies 76 persen, jauh di atas RK 22 persen,” kata Deni, Ahad, 18 Agustus 2024.

Deni mencatat RK unggul atas Anies pada pemilih PSI dengan presentase 93 persen, Gerindra 71 persen, dan Golkar 52 persen.

Adapun pemilih Demokrat terbelah, kepada Anies dengan presentase 46 persen dan RK 43 persen.

Kemudian, mayoritas pemilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP belum menentukan dengan presentas 53 persen. Sementara yang memilih RK 39 persen dan memilih Anies 8 persen.

“Tapi yang unsure (bimbang) ini yang sampai 53 (persen), mereka (pemilih) masih wait and notice. Masih dilihat, tunggu. Tunggu apa? kita duga nunggu kira-kira dukungan dari partainya ke mana,” kata Deni.

Selain itu, Anies Baswedan unggul atas Ridwan Kamil terutama pada pemilih laki-laki, Gen-Z, pendidikan SD dan Perguruan Tinggi.

Iklan

Dari sisi latar belakang etnis, Anies unggul di kelompok pemilih Betawi dan gabungan etnis-etnis kecil. Sementara RK cenderung unggul di kelompok etnis Sunda. Pemilih beretnis Jawa terbelah.

Anies Baswedan unggul atas Ridwan Kamil pada kelompok pekerja kerah biru. Kerah biru itu mencakup, petani, nelayan, buruh kasar, pembantu, supir/ojek, satpam/hansip, PKL, dan menganggur. Dengan persentase Anies 56 persen, sedangkan RK 21 persen.

Sementara kelompok pekerja kerah putih terbelah. Kerah putih itu mecakup pengusaha, pegawai swasta, PNS, wiraswasta, guru/dosen, profesional. Dengan persentase Anies 39 persen, sedangkan RK 35 persen

RK cenderung unggul pada kelompok Ibu Rumah Tangga. Persentasenya Anies 38 persen, RK 52 persen.

Survei ini dilakukan dengan metode double sampling. Sebanyak 500 responden dipilih secara acak untuk diwawancarai dalam periode 8 hingga 12 Agustus 2024. Survei ini memiliki margin of error sekitar 4.5 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

MOCHAMAD FIRLY FAJRIAN

Pilihan Editor: Survei SMRC: Anies Baswedan Unggul Head to Head atas RK, Ahok, dan Kaesang di Pilgub Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *