Berbaju Biru, Jokowi Hadiri Pembukaan Kongres ke-6 PAN


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Kongres ke-6 Partai Amanat Nasional (PAN). Jokowi mengenakan kemeja berwarna biru khas partai tersebut saat mengikuti kongres yang berlangsung di Lodge Indonesia Kempinski, Jakarta pada Jumat, 23 Agustus 2024. Acara tersebut sekaligus merupakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-26 PAN.

Dari pantauan Pace di lokasi, Jokowi tiba pada jam 18.45 WIB. Dia keluar dari kendaraan kepresidenan berpelat RI 1 dan sempat melambaikan tangan kepada orang-orang yang ada di lokasi.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas menyambut kedatangan Jokowi. Keduanya lalu memasuki tempat pelaksanaan kongres partai berlambang matahari putih tersebut.

Selain Jokowi, Kongres ke-6 PAN dihadiri sejumlah pejabat. Di antaranya Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Investasi Rosan Roeslani.

Selain itu, ada petinggi partai lain, seperti Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni, Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia hingga Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. Selain itu, hadir pula politikus Golkar, Ridwan Kamil, dan politikus Partai Gerindra, Dedi Mulyadi.

Putra dan menantu Jokowi juga terlihat ada di lokasi pembukaan Kongres PAN. Keduanya adalah putra sulung Jokowi, wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Gibran dan Bobby terlihat mengenakan batik.

Iklan

Kongres PAN akan berlangsung selama dua hari, yaitu pada 23-24 Agustus 2024. PAN akan mengadakan pemilihan ketua umum dalam kongres kali ini. Zulhas dipastikan kembali maju sebagai calon ketum PAN untuk periode 2024-2029.

Zulhas telah menandatangani surat pendaftaran calon ketum itu pada Jumat, 23 Agustus 2024. Proses pendaftaran Zulhas dilakukan di Jalan Widya Chandra, Jakarta.

“Bang Zulhas telah tanda tangan di atas materai, dengan demikian sah sebagai calon ketum,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga. 

Viva menyebut, Zulhas akan dipilih kembali secara aklamasi dalam kongres kali ini. “Nanti akan dipilih secara aklamasi, secara mufakat, bulat, tidak lonjong,” ujarnya.

Pilihan Editor: Zulhas Maju Kembali Jadi Caketum PAN 2024-2029, Disebut akan Aklamasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *