Pj Wako Andree Algamar Serahkan 1.056 Kartu BPJS dan Kusuka bagi Nelayan


INFO NASIONAL – Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, menyerahkan kartu kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) kepada 1.056 nelayan di Kota Padang. Acara yang berlangsung di Gedung Bagindo Aziz Chan Formative years Heart pada Jumat, 23 Agustus 2024 ini, menjadi momentum penting bagi para nelayan dalam mendapatkan perlindungan sosial dan akses fasilitas usaha yang lebih baik.

Dalam sambutannya, Andree Algamar menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap program BPJS Ketenagakerjaan, yang dibiayai melalui dana Company Social Duty (CSR) dari Financial institution Nagari. Ia menekankan bahwa program ini sangat relevan dan penting dalam memberikan jaminan sosial yang dibutuhkan oleh para nelayan. Dengan perlindungan yang diberikan, nelayan dapat bekerja dengan lebih tenang, karena telah terlindungi dari berbagai risiko pekerjaan, seperti kecelakaan kerja, kematian, dan hari tua.

“Program ini memberikan ketenangan bagi nelayan yang selama ini sangat rentan terhadap berbagai risiko kerja. Dengan adanya jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan, mereka dapat lebih fokus dalam bekerja tanpa khawatir tentang masa depan dan keamanan mereka,” ujar Andree Algamar.

Selain itu, Pj Wali Kota juga memberikan penghargaan khusus kepada pemberian Kartu Kusuka yang difasilitasi oleh Financial institution BRI dan diterbitkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kartu Kusuka ini, menurutnya, memiliki peran yang tidak kalah penting karena merupakan langkah strategis untuk mendukung kemajuan para pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan. Kartu ini tidak hanya berfungsi sebagai identitas resmi bagi nelayan dan pelaku usaha di bidang ini, tetapi juga membuka akses untuk mendapatkan berbagai fasilitas dan bantuan dari pemerintah.

“Kartu Kusuka ini adalah kunci bagi para nelayan untuk mendapatkan fasilitas yang diperlukan dalam menjalankan usahanya. Ini merupakan dukungan nyata dari pemerintah untuk memastikan kesejahteraan dan kemajuan para pelaku usaha kelautan dan perikanan,” ujar Andree Algamar yang didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, Alfiadi.

Iklan

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Padang, Muhammad Syahrul, turut memberikan penjelasan mengenai rincian perlindungan yang akan diterima oleh 1.056 nelayan yang terdaftar dalam program ini. Dengan dukungan dana CSR dari Financial institution Nagari, para nelayan akan mendapatkan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian selama enam bulan terhitung sejak Agustus 2024. Selama periode tersebut, premi yang harus dibayarkan akan ditanggung sepenuhnya oleh Financial institution Nagari, dengan overall anggaran mencapai lebih dari Rp 200 juta.

“Nelayan yang meninggal dunia, baik karena sakit bawaan maupun kecelakaan kerja, akan mendapatkan santunan sebesar Rp 42 juta dengan iuran hanya Rp 16.800 in line with bulan. Jika mengalami kecelakaan kerja, seluruh biaya perawatan akan ditanggung tanpa batas, dan jika meninggal dunia karena kecelakaan kerja, ahli waris akan mendapatkan manfaat beasiswa pendidikan untuk dua orang anak dengan overall biaya mencapai Rp 174 juta,” kata Muhammad Syahrul.

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Operasional Financial institution Nagari, Zilva Efrizon, perwakilan BRI Kanwil Regional Place of job Padang, serta sejumlah camat dan lurah di Kota Padang. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen bersama dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan di Kota Padang melalui program perlindungan sosial yang komprehensif.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *