Basarah PDIP Sebut Nasib Anies di Pilgub Jakarta Tunggu Keputusan Megawati


TEMPO.CO, Tangerang – Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Ahmad Basarah mengatakan, nasib Anies Bawesdan dalam pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta masih menunggu keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Kalau untuk calon gubernur DKI Jakarta sampai saat ini keputusan masih dipertimbangkan Bu Megawati Soekarnoputri,” ujar Ahmad usai deklarasi calon gubernur dan wakil gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di ICE BDS, Ahad 25 Agustus 2024. 

Ibarat menu makanan, Ahmad mengatakan, DPP PDIP hanya membantu Megawati menyiapkan menu masakan mengenai komposi, simulasi calon kepala daerah, termasuk Jakarta. “Anies masuk dalam menu yang kami sajikan untuk dipertimbangkan sebagai kandidat calon gubernur DKI Jakarta,” ucapnya.  

Ketika ditanya apakah Anies akan dipasangkan dengan Rano Karno, Ahmad mengatakan semua itu menjadi kewenangan Megawati. Dia menegaskan, Rano Karno merupakan salah satu kandidat calon gubernur Jakarta. Nama lainnya, ada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Andika Perkasa.  

Ahmad mengatakan, sebagai pihak yang ditugasi partai PDIP memilih kandidat calon gubernur Jakarta, proses yang telah berjalan cukup panjang. Ia telah berkomunikasi intensif dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang lebih awal mengusung Anies. “Bahkan pasca putusan MK, kami terus berkomunikasi,” ujarnya.  

Iklan

Soal syarat Anies harus menjadi kader PDIP untuk bisa diusung, Ahmad mengungkapkan, banyak opsi yang bisa digunakan seperti kerja sama politik dengan tokoh eksternal atau diluar PDIP. “Apakah bisa langsung bergabung menjadi anggota dan kader atau melakukan kerja sama politik. Tapi yang paling penting bukan standing formalitas ber-KTA atau tidak, tapi hati, pikiran, perbuatan sama dan sebangun dengan visi dan idealisime PDIP,” kata Ahmad. 

Ahmad mengatakan, calon gubernur DKI akan diumumkan Megawati berbarengan dengan pengumuman rekomendasi calon gubernur gelombang ketiga dalam waktu dekat ini. Opsi untuk Anies, dia menambahkan, “Biarkan saja mengalir dan bermuara yang terbaik untuk semua,” katanya.

Pilihan Editor: Ketua DPD Hanura Jakarta Bilang Jalan Politik Anies Dihambat Terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *