Momen Jokowi dan Anies Menghadiri Kongres NasDem


TEMPO.CO, Jakarta – Politikus Anies Baswedan menghadiri Kongres III Partai NasDem di Jakarta Conference Middle pada malam ini, Ahad, 25 Agustus 2024. Mengenakan batik coklat, Anies tiba 15 menit sebelum acara dimulai pukul 19.00 WIB.

Anies disambut dengan riuh tepuk tangan saat memasuki ruang utama Kongres Partai NasDem. Eks Gubernur Jakarta itu kemudian menyalami elite partai seperti Bendahara Umum Ahmad Syahroni sebelum duduk untuk mengikuti acara.

Beberapa menit sesudah itu, Presiden Joko Widodo tiba di lokasi yang sama dengan Anies. Jokowi, mengenakan kemeja biru dongker, didampingi oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Jokowi bakal menyampaikan amanat dalam Kongres ke III NasDem. Kongres NasDem dijadwalkan pada 25–27 Agustus 2024 mengundang seluruh partai politik. Ketua Panitia Pengarah Kongres III Partai NasDem Willy Aditya mengatakan acara ini merupakan momentum rekonsiliasi.

Willy mengatakan Kongres Partai NasDem juga mengundang Presiden terpilih Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan ini diagendakan untuk menutup Kongres NasDem.

NasDem berseberangan dengan Jokowi maupun dengan Prabowo pada Pemilihan Presiden pada 2024. Partai yang dipimpin oleh Bos Media Workforce Surya Paloh ini mengusung Anies Baswedan untuk bertarung dengan Prabowo.

Iklan

Belakangan NasDem merapat ke kubu Prabowo. Sikapnya bisa dilihat dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Mereka bergabung dengan KIM Plus, mencakup 12 partai pendukung pemerintah Jokowi dan penyokong Prabowo. Anies terancam tidak bisa maju Pilgub Jakarta akibat koalisi gemuk ini.

Adapun Kongres III Partai NasDem bakal membahas Komisi AD/ART, Komisi Rekomendasi, dan Komisi Program Aksi. Willy menjelaskan ada lima isu besar yang akan disorot mendalam pada kongres, yakni isu negara hukum, ekonomi hijau, politik, isu internasional, dan krisis lingkungan.

NasDem menilai ada banyak hal yang perlu diluruskan dalam penegakan hukum di Indonesia. “Jadi, bagaimana aparat penegak hukum, KPK, polisi, jaksa, kita tetap memiliki komitmen,” kata Willy melalui keterangan tertulis pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Pilihan Editor: Jungkir-Balik Jokowi Melanggengkan Dinasti Politik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *