Alasan Anies Hadir di Kongres Nasdem Meski Tak Seiring di Pilgub Jakarta


TEMPO.CO, Jakarta – Mantan calon presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) lalu Anies Baswedan tetap menghadiri acara pembukaan Kongres III Partai Nasdem Tahun 2024 di Jakarta Conference Middle (JCC, Jakarta pada Ahad, 25 Agustus 2024 meskipun dia dan Nasdem berbeda pilihan politik di pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta.

Anies mengatakan kehadirannya dalam acara itu untuk memenuhi undangan Nasdem, partai yang mengusungnya sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

“Rasa hormat atas perjuangan bersama selama ini, kebersamaan selama ini dan Pak SP (Surya Paloh) selalu sampaikan situasi dengan terus terang. Apa adanya. Dan beliau sampaikan seluruh pertimbangan yang kemudian menjadi pertimbangan yang bisa dimengerti,” kata Anies menjawab pertanyaan wartawan saat ditemui selepas acara seperti dikutip dari Antara.

Kedatangan Anies dalam acara itu mendapat sambutan hangat dari lebih dari 10 ribu kader Nasdem yang antusias bertepuk tangan dan memanggil-manggil namanya saat Anies berjalan dari depan JCC hingga masuk ke ruangan acara.

Suara-suara yang memanggil nama Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu kembali terdengar dari arah tribun tempat duduk para kader saat Presiden Joko Widodo juga tiba di JCC. Kedatangan Presiden Jokowi saat itu disiarkan dalam layar yang terpasang di ruangan kongres.

“Anies, Anies, Anies,” demikian suara yang terdengar saat layar di ruangan menampilkan tayangan kedatangan Presiden Jokowi. Jokowi datang ke Kongres III Nasdem untuk berpidato sekaligus membuka acara itu.

Anies mengatakan perjuangan untuk Indonesia tidak pernah selesai meski tidak selalu berjalan bersama. 

“Kita ini sebangsa. Kita ini saudara. Ada saat di mana kita bisa berjalan bareng. Ada saat di mana kita tidak bisa berjalan bareng. Tetapi bukan berarti kemudian persaudaraan selesai, persahabatan selesai (karena harus) dijaga terus. Jadi saya merasa terima kasih atas undangannya. Dan, kita terus komunikasi. Kita terus berinteraksi. Perjuangan untuk Indonesia tidak pernah selesai. Perjuangannya masih panjang. Kita akan bersama-sama,” kata Anies.

Setelah Pilpres 2024, Nasdem mengumumkan dukungannya kepada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pemenang Pilpres 2024.

Untuk Pilgub Jakarta, Nasdem mencabut dukungannya yang semula diberikan kepada Anies. Nasdem bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan, dan Perindo bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju atau KIM, yaitu gabungan partai politik pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, mendukung bakal pasangan calon Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta.

Hingga kini, Anies belum memastikan tiketnya maju di Pilgub Jakarta mengingat dia sejauh ini baru didukung oleh Partai Buruh.

Selanjutnya, nasib Anies di Pilgub Jakarta tunggu keputusan Megawati…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *