Datangi Kantor PDIP, Airin-Ade Sumardi akan Dapat Dukungan Resmi Maju Pilgub Banten


TEMPO.CO, Jakarta – PDIP akan meresmikan dukungan kepada politikus Golkar Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur Provinsi Banten 2024 hari ini, Senin, 26 Agustus 2024. PDIP telah menyatakan dukungan kepada Airin untuk maju di Pilgub Banten bersama Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDIP Banten, Ade Sumardi. 

Airin tiba di aula lantai 5 Gedung A Dewan Pimpinan Pusat PDIP di Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 26 Agustus 2024, sekitar pukul 12.55 WIB. Dengan mengenakan pakaian batik motif merah putih, Airin hanya tersenyum saat melihat kamera jurnalis. Ia sempat mengepalkan tangan memperlihatkan salam komando didampingi Ade Sumardi. 

Airin akan maju dengan dukungan PDIP setelah partainya sendiri, Golkar, mencabut dukungan maju di Banten. Ia mengungkapkan alasannya tetap maju di pemilihan gubernur Banten 2024 meski tidak didukung partainya.

“Dalam waktu dekat saya dan pak Ade akan mendaftar. Tujuannya karena banyak harapan masyarakat yang disampaikan kepada saya selama dua tahun terakhir ini,” kata Airin usai deklarasi pasangan calon gubernur dari PDIP di ICE BSD, Ahad, 25 Agustus 2024.

Airin mengatakan, selama tiga tahun terakhir ini, ia turun langsung ke masyarakat menyerap aspirasi langsung dari warga. Ia telah mendatangi lebih dari 1.300 desa di Banten.

“Banyak harapan dan pesan yang mereka sampaikan kepada saya, bagaimana potensi itu dilakukan,” kata Airin.

Iklan

Ketua DPD Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah memastikan DPP Golkar telah menarik dukungan untuk Airin dan rekomendasi partai diberikan kepada Andra Soni yang juga diusung Koalisi Indonesia Maju. “Airin tidak mendapat rekomendasi Golkar, dia maju sendiri atas izin DPP,” kata dia.

Partai Golkar bersama Koalisi Indonesia Maju mengusung calon dari Gerindra Andra Soni untuk Pilkada Banten. Nama Airin berdasarkan survei Lembaga Survei Indonesia atau LSI, lebih unggul dalam berbagai simulasi melawan Andra Soni.

Knowledge survei LSI, jika face to face dengan kandidat calon gubernur dari Partai Gerindra, Andra Soni, elektabilitas Airin jauh lebih unggul atau mencapai 77,3 persen, sedangkan elektabilitas Andra sekitar 10 persen. Adapun, suara yang belum menentukan pilihan sebanyak 12,7 persen.

Joniansyah berkontribusi dalam penukisan artikel ini.

Pilihan Editor: Airin Berkaca-kaca dan Menahan Tangis Saat Jawab Pertanyaan Jika Dipecat Golkar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *