Khofifah-Emil Daftar ke KPU Besok, Diiringi Kirab Budaya


TEMPO.CO, Surabaya Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak akan mendaftar sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim besok, Rabu 28 Agustus 2024. Para relawan akan menggelar kirab budaya untuk mengiringi proses pendaftaran.

“Betul, kami akan menggelar kirab budaya untuk mengiringi Khofifah-Emil besok,” kata salah satu relawan Khofifah-Emil, Adien Jamal kepada Pace, Selasa 27 Agustus 2024.

Adien mengatakan bahwa kirab budaya akan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB. Para relawan akan berkumpul di kawasan Kendangsari Surabaya sebelum menuju KPU Jatim.

“Diperkirakan ada ribuan relawan se-Jatim yang akan mengawal pendaftaran,” ujar Adien.

Kendati demikian, Adien tidak menjelaskan secara spesifik kirab budaya yang akan digelar. Namun, mereka memastikan kirab ini akan bernuansa seni budaya Jatim, seperti tarian hingga musik.

“Ini kami masih koordinasi dengan relawan lainnya,” ucap Adien.

Iklan

Sebagai informasi, Khofifah-Emil merupakan satu-satunya pasangan yang sudah dideklarasikan oleh partai politik pengusung. Terdiri dari, Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PPP, Nasdem, hingga PKS.

Sementara itu, PKB dan PDIP belum mendeklarasikan dukungannya. Keduanya pun belum memastikan akan berkoalisi.

“PKB Jatim masih menunggu arahan dari DPP. Ditunggu satu-dua hari ini,” ucap Bendahara Umum PKB Jatim, Fauzan Fuadi.

KPU Jatim juga telah membuka pendaftaran cagub-cawagub sejak hari ini hingga Kamis, 29 Agustus 2024. Namun, belum ada pasangan calon yang mendaftar hari ini.

Pilihan Editor: Menanti ‘Jagoan’ PDIP untuk Pilkada Jakarta, Jabar, dan Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *