Gerindra Buka Peluang Usung Benyamin Davnie di Pilkada Tangsel


TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, menyebut partainya tak menutup kemungkinan untuk mengusung calon lain pada Pemilihan Kepala Daerah Tangerang Selatan atau Pilkada Tangsel. Hal ini menyusul kabar mundurnya pasangan Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto dari ajang Pilkada Tangsel.

Adapun calon yang dilirik untuk didukung partainya adalah Benyamin Davnie. “Ya, kemungkinan sih ada dua situasi ya, apakah kami akan mendukung Benyamin Davnie atau mengusung calon baru,” kata dia di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta, pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Namun, ia ragu partainya mengusung calon dari partai lain mengingat waktu pendaftaran Pilkada 2024 sudah dekat. “Kalau sekadar hanya mencalonkan kan takutnya enggak pas juga, karena pencalonan ini pada akhirnya hitung-hitungannya harus kemenangan, bukan sekadar formalitas mencalonkan,” ujar anggota Komisi III DPR itu.

Habiburokhman memastikan Gerindra akan memutuskan calon Pilkada Tangsel 2024 dalam pace 1 atau 2 hari ke depan. Gerindra, kata dia, harus tetap mendiskusikan persoalan tersebut bersama partai politik lain yang tergabung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk mendapatkan nama baru.

Ia mengatakan belum ada keterangan resmi dari partai mengenai kabar mundurnya Riza Patria dari Pilkada Tangsel. Habiburokhman mengatakan, informasi itu tak sepenuhnya salah.

“Kemungkinan besar benar ya, 100 persen benar atau 100 persen salah, kita lihat hari ini dan besok ya,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Rabu, 28 Agustus 2024.

Iklan

Ia menegaskan keputusan resmi akan disampaikan langsung oleh Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Yang pasti, kata Habiburokhman, tidak benar jika Riza Patria disebut akan maju mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. “Itu 100 persen tidak benar,” ujarnya.

Duet Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto sebelumnya telah mendapat dukungan dari mayoritas partai Koalisi Indonesia Maju atau KIM, di antaranya Gerindra, Partai Solidaritas Indonesia, NasDem, PKS dan Demokrat. Belakangan, PKS dan Demokrat menarik dukungannya untuk pasangan itu.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan memang telah terjadi perubahan dukungan Partai Demokrat dari Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024. “Benar bahwa telah terjadi peralihan dukungan di Pilkada Tangsel dari Riza – Marsel menjadi Benyamin – Pilar,” kata dia, Rabu.

Menurut Kamhar, perubahan dan pergeseran itu merupakan dinamika yang lazim terjadi pada Pilkada di menit-menit terakhir. Kali ini, partainya mendukung pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan. “Sesungguhnya ini balik ke opsi awal dengan mengakomodir aspirasi struktur partai di seluruh tingkatan serta konstituen Partai Demokrat di Tanggerang Selatan,” ujarnya.

Pilihan Editor: PKS Usung Duet Riza Patria-Marshel Widianto di Pilkada Tangsel, Syaikhu: Apakah Punya Kredibilitas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *