PDIP Dikabarkan Usung Risma di Pilgub Jatim, Nama Cawagub Masih Menunggu


TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Sosial Tri Rismaharini dikabarkan akan diusung oleh PDIP untuk maju menjadi calon Gubernur Jawa Timur 2024-2029. Pencalonan Risma akan diumumkan Rabu, 28 Agustus 2024.

“Mustinya demikian,” kata Wakil Sekretaris PDIP Jatim, Yordan Batara Goa kepada Pace pada Selasa 27 Agustus 2024.

Meski begitu, Yordan mengaku tak mengetahui pasti soal calon wakil gubernur (cawagub) yang bakal mendampingi Risma. Menurut dia, pencalonan itu menunggu kabar dari DPP PDIP.

“Saya belum tahu pasti. Kami menunggu data dari DPP,” kata anggota DPRD Jatim itu.

Yordan juga mengatakan bahwa PDIP Jatim akan menerima semua keputusan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri untuk pengusulan cagub. “Kami bersiap saja,” ujarnya.

Melansir Antara, Ketua DPP PDIP Mentioned Abdullah mengonfirmasi bahwa partainya akan mengusung Risma yang juga mantan wali kota Surabaya sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur. “Kalau Jawa Timur Ibu Risma insya Allah verify,” kata Mentioned di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Iklan

Namun, Mentioned menyebut sosok bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Risma masih digodok oleh PDIP dengan berbagai pihak lainnya, tak terkecuali dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). “Wakilnya masih dalam proses pembicaraan untuk sampai pada tahap menjadi cawagub mendampingi Mbak Risma,” ujarnya.

Sejauh ini, baru satu pasangan calon cagub-cawagub Jatim yang dikabarkan bakal mendaftar ke KPU, yakni Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. Keduanya didukung oleh Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PPP, Nasdem, dan PKS. 

PKB dan PDIP belum mengumumkan cagub-cawagub yang bakal diusung. Namun, kedua partai itu dikabarkan sudah berkomunikasi dengan KPU Jatim.

“Gerindra, PKB, PDIP, dan Demokrat sudah komunikasi secara casual. Tapi kalau secara resmi belum,” kata Komisioner KPU Jatim, Choirul Umam.

Pilihan Editor: Peluang PDIP Usung Risma di Pilgub Jatim, Said Abdullah: Insyaallah Confirm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *