PKB Dukung Ridwan Kamil-Suswono, Kans Anies di Pilkada Jakarta Pupus?


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas, menyatakan partainya resmi mendukung pasangan Ridwan Kamil-Suswono untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta. Sebelumnya, DPW PKB DKI sempat mendeklarasikan dukungan ke Anies Baswedan namun mendekati pendaftaran calon berpindah haluan mendukung Ridwan Kamil-Suswono. 

Pernyataan tersebut disampaikan Hasbiallah saat mengantar RK dan Suswono mendaftarkan di Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta. 

“Lihat faktanya aja hari ini. Faktanya, hari ini PKB sudah mendaftarkan Pak Ridwan Kamil-Suswono,” kata Hasbiallah saat ditemui di kantor KPU DKI Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Hasbiallah menerangkan bahwa hubungan dengan Anies tetap terjalin meski PKB batal mengusung mantan gubernur Jakarta itu. Dia menyebut DPW PKB Jakarta telah menjalin persaudaraan dan pertemanan dengan baik bersama Anies. 

“Komunikasi kami bagus–persaudaraan. Dengan timnya Pak Anies sampai tadi pagi kami masih komunikasi,” ujarnya. 

Hasbiallah mengklaim bahwa DPW PKB Jakarta ataupun Anies tidak merasa kecewa soal pengusungan RK-Suswono. Dia juga mengaku telah mengobrol dengan tim Anies Baswedan. 

“Enggak, enggak ada kekecewaan. Eggak ada. Persaudaraan tetep,” tuturnya. 

Iklan

Ridwan Kamil-Suswono mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum atau KPU DKI Jakarta hari ini, Rabu, 27 Agustus 2024.

Dari pantauan Pace, sebelum menuju kantor KPU DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono tiba pukul 11.38 singgah di Maxone Resort, Jakarta Pusat yang jaraknya tak jauh dari kantor KPU. Mereka kompak mengenakan pakaian adat Betawi lengkap dengan peci hitam sarung yang melingkari leher, dan celana batik.

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya pun tampak menemani suaminya yang juga mantan Gubernur Jawa Barat. Selain Atalia, Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid pun tiba pukul 11.53. Ridwan Kamil-Suswono mendaftar ke KPU DKI sekitar pukul 14.00 WIB.

Pasangan ini didukung oleh 12 partai, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Mochamad Firly Fajrian ikut berkontribusi dalam penulisan artikel ini. 

Pilihan Editor: Rano Karno Klaim Hubungannya dengan Anies Baswedan Tetap Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *