Risma Temui Jokowi di Istana usai Nyatakan Mundur sebagai Mensos


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Sosial Tri Rismaharini di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 30 Agustus 2024. Pertemuan Jokowi dan Risma itu berlangsung selama tiga puluh menit sejak 08.30 WIB.

“Iya (bertemu bapak),” kata Risma, mengenakan batik merah hitam, ditemui usai persamuhan tersebut.

Politikus PDI Perjuangan itu tidak menjawab ketika ditanya apakah time table pertemuan dengan Jokowi menyampaikan surat mundur sebagai Menteri Sosial. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana tidak segera membalas pesan Pace soal pertemuan Jokowi dan Risma.

Sebelumnya, Risma sudah menyatakan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Sosial. Ia mengaku ingin berkontestasi pada pemilihan kepala daerah setelah jadi bakal calon gubernur Jawa Timur.

“Mundur, saya akan mundur,” ujar Risma usai ziarah ke Makam Sunan Bungkul di Surabaya, seperti dilansir Antara, Kamis, 29 Agustus 2024.

Risma mengajukan pengunduran diri setelah menyelesaikan pendaftarannya di Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur bersama Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), Kamis malam.

Iklan

Risma berujar menemui Presiden Joko Widodo pada Jumat besok, 30 Agustus 2024. Risma mengatakan akan secara langsung meminta pada presiden untuk mengundurkan diri karena fokus di pilkada.

“Besok insya Allah kalau bisa minta waktu Pak Presiden untuk bisa mengundurkan diri. Tapi di aturan tidak diatur. Tapi saya akan mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya,” ujar Wali Kota Surabaya 2010-2020 itu.

Risma dilantik sebagai Menteri Sosial pada 23 Desember 2020 dalam sebuah reshuffle kabinet. Ia menggantikan koleganya sesama politikus PDIP, Juliari Batubara, karena tersandung kasus korupsi dana bantuan sosial. Risma langsung diangkat sebagai Mensos saat masa jabatannya sebagai Wali Kota Surabaya hampir habis.

Pilihan Editor: Maju Pilgub Jatim 2024, Risma Mundur sebagai Menteri Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *