Bus Transjakarta Tetap Beroperasi saat Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK


TEMPO.CO, Jakarta – Bus Transjakarta akan tetap beroperasi selama acara misa akbar yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, 5 September 2024.

Direktur Operasional dan Keselamatan PT Transjakarta, Daud Joseph, mengatakan jumlah rute yang beroperasi akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. 

“Masyakarat tidak perlu khawatir, kami pastikan rute-rute itu ditambah jumlahnya. Untuk jemaat yang akan menghadiri misa, bisa naik Transjakarta dari titik mana saja ujungnya akan sampai di GBK, juga melalui transit tidak langsung,” kata Joseph dalam keterangan tertulis, 30 Agustus 2024. 

Joseph mengatakan Transjakarta akan menyiagakan seluruh petugas dan memastikan pelayanan tersedia sampai malam hari sehingga kebutuhan mobilitas pelanggan terpenuhi. Ia menuturkan layanan operasional akan diberlakukan tentatif melihat pada jumlah penumpang. 

“Kalau memang ada kebutuhan dan pelanggan masih menumpuk hingga pukul 22.00 WIB, maka kami bisa tambah jam layanan hingga pukul 00.00 WIB sesuai kebutuhan. Karena itu tanggung jawab Transjakarta,” kata dia.

Presiden Joko Widodo akan menyambut kunjungan pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus, di Istana Kepresidenan Jakarta pada 4 September 2024. Kepala Protokol Negara, Andy Rachmianto, menyebutkan bahwa kepala negara Vatikan akan tiba di Indonesia sehari sebelum pertemuan dengan Jokowi.

Iklan

Andy mengatakan pemerintah akan menyiapkan upacara resmi kenegaraan untuk menyambut Paus sebelum diterima oleh Jokowi di Istana Merdeka. Selain itu, akan ada kegiatan lain di Istana Negara yang melibatkan Paus dan Jokowi pada hari yang sama.

Andi menjelaskan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia tidak hanya bersifat kenegaraan, tetapi juga memiliki schedule keagamaan. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan mendampingi Jokowi saat menerima Paus Fransiskus di Indonesia.

Kunjungan Paus Fransiskus akan berlangsung dari 3 hingga 6 September 2024. Pada 5 September, Paus dijadwalkan untuk memimpin misa akbar di Kompleks Gelora Bung Karno. Selain itu, Paus juga akan menghadiri acara di Gereja Katedral yang akan diselenggarakan bekerja sama dengan Masjid Istiqlal, sebagai simbol kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

Daniel A. Fajri berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

PIlihan Editor: Paus Fransiskus ke Indonesia, Polisi Imbau Warga Jakarta WFH saat Misa Akbar di GBK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *