Sikap Bakal Calon di Pilgub Jakarta terhadap Persija dan The Jakmania


TEMPO.CO, Jakarta – Persija Jakarta dan kelompok pendukungnya, The Jakmania, menjadi salah satu isu yang diperbincangkan dalam pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta 2024. Bakal pasangan calon yang akan bersaing di Pilgub Jakarta memiliki sikap masing-masing terhadap klub sepak bola kebanggaan warga Jakarta itu.

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK), misalnya, mengatakan tidak akan banyak membawa isu Persija dan pendukungnya, The Jakmania, saat masa kampanye pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta 2024. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menuturkan isu soal Persija dan Jakmania bakal dibuktikan dengan mendahulukan aspirasi. 

Mantan Gubernur Jawa Barat itu memastikan berkomitmen mencintai Persija dan Jakmania setelah dia memutuskan maju pada Pilgub Jakarta.

“Kalau saya sederhana bahwa dengan situasi saya yang seperti ini, kami tidak akan terlalu banyak kampanye membawa isu Persija atau Jakmania, kecuali berkomitmen kalau nanti terpilih,” kata Ridwan Kamil di RSUD Tarakan, Jakarta pada Sabtu, 31 Agustus 2024 seperti dikutip Antara.

Pernyataan Ridwan itu merespons pertanyaan wartawan soal bakal calon gubernur Jakarta Dharma Pongrekun yang menjanjikan akan menggratiskan sewa Jakarta World Stadium (JIS) seperti dikutip Antara.

Politikus Partai Golkar ini mengatakan pihaknya akan menyerap aspirasi dari Persija maupun Jakmania untuk diperjuangkan dalam kebijakan. Dengan demikian, dia tak ingin menyampaikan sejumlah janji-janji terlebih dahulu seperti Dharma Pongrekun soal JIS.

Dharma Pongrekun berjanji akan menggratiskan sewa JIS jika ada anggaran. “Kalau memang memungkinkan anggaran ada, perlu digratiskan,” kata Dharma dalam konferensi pers pendaftaran Pilgub Jakarta pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Dharma bersama timnya akan mengkaji pengelolaan JIS agar fasilitasnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Dalam program sewa free of charge JIS, dia berjanji akan selalu mengutamakan kenyamanan pendukung Persija, The Jakmania.

Rencana RK Bertemu dengan The Jakmania

Sebelumnya, Ridwan mengatakan berencana segera menemui kelompok suporter Persija, The Jakmania. “Semua nanti didatangi. Semua warga Jakarta kami ajak silaturahmi. Secepatnya,” kata Ridwan Kamil di Kantor KPU DKI Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat pada Rabu, 28 Agustus 2024. Dia juga berencana segera mengubah domisili Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Bandung ke Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *