Ketua MPR Terima Penghargaan dan Tekankan Pentingnya Digitalisasi Notaris


INFO NASIONAL – Ketua MPR Bambang Soesatyo atau biasa disapa Bamsoet menerima Appreciation Award dari Kelompencapir Disscusion Notaris Indonesia. Penghargaan ini diberikan oleh perwakilan Kelompencapir yang datang ke kantor Bamsoet di kompleks parlemen, Senin, 2 September 2024.Dalam pertemuan itu, Bamsoet menuturkan pentingnya digitalisasi.

Digitalisasi notaris, kata Bamsoet, sangat penting untuk menyelaraskan layanan sesuai kebutuhan masyarakat. Penerapan sistem virtual diyakini akan meningkatkan kinerja notaris sesuai tantangan masa depan.

“Digitalisasi notaris sangat penting untuk dapat meningkatkan efisiensi, keamanan, dan aksesibilitas layanan notaris. Dengan digitalisasi, proses notaris dapat dilakukan lebih cepat. Dokumen dapat disiapkan, diproses, dan disimpan secara elektronik, mengurangi waktu yang diperlukan untuk pengelolaan dokumen fisik,” ujar Bamsoet.

Dengan sistem manajemen dokumen virtual, Bamsoet melanjutkan, notaris dapat dengan mudah menemukan dan mengelola dokumen tanpa harus terkena resiko kerusakan atau kehilangan dokumen fisik.

Iklan

“Sistem virtual juga dapat dilindungi dengan berbagai lapisan keamanan, seperti enkripsi dan akses terbatas. Ini mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan dokumen serta menghindari penyalahgunaan informasi,” imbuhnya.

Keuntungan lainnya, digitalisasi memungkinkan layanan notaris diakses dari jarak jauh. Klien dapat mengakses layanan notaris tanpa harus datang ke kantor. “Digitalisasi membuka peluang untuk pengembangan layanan baru, seperti tanda tangan elektronik dan pengesahan jarak jauh. Sistem virtual juga dapat memberikan jejak audit yang jelas tentang setiap transaksi, meningkatkan transparansi dan kepercayaan dari publik terhadap proses layanan notaris,” ia memungkas. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *