Bamsoet Apresiasi Kesiapan Cabor Tarung Derajat di PON XXI


INFO NASIONAL – Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengapresiasi kesiapan cabang olahraga (Cabor) tarung derajat yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh. Sebanyak 194 atlet tarung derajat akan bertanding memperebutkan gelar juara di Balai Meuseraya Aceh, pada 16-18 September 2024.

“Dalam PON XXI tahun 2024 Cabor Tarung Derajat diikuti oleh peserta sebanyak 194 yang berasal dari 22 provinsi. Merebutkan 21 mendali emas, 21 mendali perak dan 21 mendali perunggu,” ujar Bamsoet usai menerima Pengurus KODRAT, di Jakarta, Selasa, 3 September 2024.

Bamsoet menjelaskan, pertandingan cabor tarung derajat pada PON XXI menggunakan sistem gugur yang dimulai dari babak penyisihan sampai dengan babak ultimate. “Nomor tarung bebas perebutan juara 3 tidak dipertandingkan kembali dan langsung mendapat juara 3 bersama. Sedangkan untuk nomor seni gerak tidak ada juara 3 bersama,” kata Bamsoet.

Menurutnya, tarung derajat merupakan cabor yang mengandalkan ketangkasan dan kekuatan fisik, serta ketahanan psychological. Untuk mendapatkan hasil yang optimum, latihan secara berkala dan terprogram, serta ketersediaan jam terbang yang memadai bagi atlet, merupakan sebuah keniscayaan.

Iklan

Bamsoet mengatakan, prestasi kejuaraan ini hanya akan dimenangkan oleh atlet yang menerapkan disiplin tinggi, memiliki komitmen kuat, dan menjaga konsistensi untuk senantiasa menempa dan meningkatkan kompetensi diri.

“Kita harapkan PON XXI akan melahirkan atlet Tarung Derajat Indonesia yang mampu berprestasi di kejuaraan internasional,” kata dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *