Airin-Ade Dorong Pembangunan Jalan Poros Desa Banten Selatan


INFO NASIONAL – Bakal calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany bersama calon Wakil Gubernur Ade Sumardi menekankan urgensi pembangunan jalan poros desa untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di Banten bagian selatan, terutama di Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Menurut Airin, mantan Wali Kota Tangerang Selatan, potensi ekonomi dan sumber daya alam di Banten Selatan sangat beragam dan perlu dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah, dari hasil kunjungan saya di banyak desa di Pandeglang dan Lebak, saya melihat ragam potensi ekonomi, budaya, serta sumber daya alam yang memungkinkan untuk dikembangkan. Saya yakin akan berdampak positif bagi masyarakat di sana,” ujar Airin saat Silaturahim dan Sarasehan Kebudayaan di Lebak, Banten, Rabu, 4 September 2024.

Airin menyoroti potensi luar biasa yang dimiliki Lebak dan Pandeglang, terutama di sektor pariwisata. Namun, tantangan utamanya adalah infrastruktur jalan yang belum memadai, terutama akses menuju destinasi wisata. Berdasarkan information, kondisi jalan mantap di Kabupaten Pandeglang mencapai 68,51 persen dan di Lebak sebesar 70,35 persen, sedangkan untuk jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Banten hampir tuntas sebesar 91,45 persen.

“Kita perlu memperbaiki infrastruktur jalan, terutama poros jalan desa, agar aksesibilitas ke destinasi wisata di Banten Selatan semakin mudah dan nyaman,” kata Airin. Ia juga memperkirakan bahwa dibutuhkan anggaran sekitar Rp 200 miliar untuk memperbaiki jalan poros desa di wilayah tersebut. “Perlu ada kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten untuk memperbaiki persoalan jalan di daerah Kabupaten Lebak dan Pandeglang,” tambahnya.

Pasangan Airin-Ade pada Pilkada Banten 2024 membawa program Pijar Banten (pemerataan infrastruktur dan wajah baru Banten) yang berfokus pada peningkatan kualitas infrastruktur jalan, termasuk jalur poros desa. Program ini juga mencakup konektivitas transportasi berbasis jalan, rel, pelabuhan, dan bandara secara merata di seluruh Banten.

Iklan

“Kami berharap gagasan dan misi kami mengenai pembangunan infrastruktur jalan, terutama poros desa di wilayah Banten Selatan, dapat segera diwujudkan,” ujar Airin. Untuk memperkuat komitmennya, Airin juga telah mengunjungi berbagai objek wisata di Banten bagian selatan, seperti Pantai Pulau Manuk dan Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak, serta Pantai Tanjung Lesung dan Pantai Carita di Pandeglang.

Sementara itu, pengamat ekonomi Banten, Deni Sunaryo, menyatakan bahwa calon gubernur Banten yang ingin meningkatkan kesejahteraan Banten Selatan harus fokus pada beberapa space strategis. “Pertama, infrastruktur, transportasi, dan aksesibilitas; Banten bagian selatan memiliki potensi besar di sektor pariwisata, terutama di daerah pesisir dan wisata alam,” ujarnya. Menurutnya, peningkatan jalan, jembatan, dan sarana transportasi yang menghubungkan wilayah pedalaman dengan pusat kota sangat diperlukan untuk mendorong perkembangan ekonomi dan pariwisata.

Selain itu, Deni juga menekankan pentingnya pengembangan sektor pariwisata di wilayah selatan Banten, yang terkenal dengan destinasi pantai seperti Pantai Sawarna dan Tanjung Lesung, serta potensi wisata alam lainnya. “Pemimpin Banten ke depan harus meningkatkan kualitas fasilitas, promosi, dan memperkuat infrastruktur penunjang pariwisata. Selain itu, sektor perikanan dan pertanian, pendidikan dan kesehatan, serta pemanfaatan energi terbarukan perlu diperkuat,” tambahnya.

“Siapa pun calon gubernur yang terpilih, sebaiknya Pemprov Banten terlibat aktif dalam pembangunan jalan poros desa, terutama di wilayah Banten bagian selatan seperti Lebak dan Pandeglang,” kaya Deni. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *