BPJS Kesehatan Raih Dua Penghargaan di Asian Era Excellence Awards 2024


INFO NASIONAL – BPJS Kesehatan berhasil meraih dua penghargaan bergengsi pada ajang the Asian Era Excellence Awards 2024, pada Kamis, 5 September 2024. Pencapaian ini menjadi bukti bahwa BPJS Kesehatan terus berupaya memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Penghargaan pertama yang diterima adalah Indonesia Era Excellence Award for Knowledge Control – Healthcare for i-Care JKN – Indonesia’s Nationwide Well being Insurance coverage Program Digital Well being Document Retrieval Device.

Penghargaan ini diberikan atas pengembangan i-Care JKN yang memudahkan dan mempercepat pelayanan kesehatan bagi para tenaga medis untuk melihat riwayat pelayanan kesehatan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Melalui i-Care JKN, tenaga medis dapat mengakses informasi kesehatan secara real-time, sehingga membantu dalam melakukan perencanaan dan memberikan pengobatan yang tepat dan efisien. Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan, penghargaan ini membuktikan efektifitas sistem informasi jaminan kesehatan BPJS Kesehatan yang berstandar internasional.

“i-Care JKN memungkinkan tenaga medis untuk memperoleh information yang akurat dan terkini, yang sangat penting dalam pengambilan keputusan medis yang nantinya diberikan kepada peserta JKN,” katanya.

Selain tenaga medis, peserta JKN juga dapat mengakses i-Care JKN melalui Aplikasi Cellular JKN untuk melihat riwayat pelayanan yang diberikan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun lanjutan. Harapannya, beragam inovasi berbasis virtual ini bisa menciptakan pelayanan yang mudah, cepat dan setara.

“i-Care JKN juga memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi antar dokter, terutama ketika pasien diarahkan ke dokter atau spesialis lain. Aplikasi ini akan berinteraksi dengan aplikasi P-Care dan SIM RS melalui skema bridging sehingga memungkinkan pertukaran informasi yang lebih lancar antar berbagai penyedia layanan kesehatan,” ujarnya.

Iklan

Penghargaan kedua yang diraih BPJS Kesehatan adalah Indonesia’s Era Excellence Award for Cellular – Healthcare for FIT with Cellular JKN and Teleconsulting with Cellular JKN Healthcare, yang diberikan atas inovasi Cellular JKN.

Aplikasi ini dirancang untuk mendukung layanan kesehatan berbasis virtual dengan berbagai macam fitur layanan yang bisa diakses oleh peserta, termasuk salah satunya konsultasi jarak jauh.

Menurut Gufron, adanya layanan konsultasi jarak jauh di dalam aplikasi Cellular JKN memudahkan peserta dalam mengakses layanan fasilitas kesehatan hanya lewat telepon genggam.

“Aplikasi Cellular JKN menjadi salah satu contoh bagaimana teknologi dapat mempermudah akses ke layanan kesehatan. Dengan adanya aplikasi ini, peserta JKN dapat mendapatkan layanan kesehatan yang mudah, salah satunya konsultasi kesehatan tanpa terikat tempat dan waktu,” kata dia.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan meningkatnya kebutuhan akan layanan kesehatan yang mudah dan cepat, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus mengembangkan Aplikasi Cellular JKN agar bisa memenuhi ekspektasi kebutuhan masyarakat. Gufron meyakini beragam inovasi yang dihadirkan dapat menjadi kunci dalam upaya transformasi layanan kesehatan di Indonesia.

“Kedua penghargaan ini bukan hanya menjadi bukti BPJS Kesehatan yang telah mengimplementasikan teknologi, tetapi juga menegaskan komitmen kami dalam meningkatkan kualitas layanan jaminan kesehatan di Indonesia. Melalui inovasi ini, BPJS Kesehatan berusaha untuk menjawab tantangan dalam memastikan akses layanan kesehatan yang lebih baik bagi seluruh peserta JKN,” kata dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *