Kala Bakal Pasangan Calon di Pilgub Jakarta Sowan ke Jusuf Kalla


TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla atau JK ditemui bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta menjelang pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta. Teranyar, JK ditemui oleh bakal pasangan calon yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Pramono Anung-Rano Karno.

Pramono mengatakan, maksud kedatangan mereka menemui JK bukan urusan dukung mendukung dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta. Ia mengatakan, bersama pendampingnya, Rano Karno, ingin mendengarkan pengalaman JK mengatasi sejumlah masalah di Jakarta.

“Saya datang ke Pak JK (Jusuf Kalla) bukan urusan dukung mendukung. Tetapi silaturahmi, dan saya belajar banyak selama mendampingi beliau ketika menjadi Wapres,” kata Pramono, Senin, 9 September 2024, seperti dikutip dari Pace.

Pramono menilai, JK merupakan sosok di balik selesainya masalah banjir di jalan menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). Ia ingin langsung mendengarkan cerita dari JK.

“Kami juga banyak bertanya kepada Pak JK tentang berbagai hal dan keberanian mengambil keputusan,” kata Menteri Sekretaris Kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu.

Pramono mengaku mendapat pesan untuk memimpin Jakarta dengan tenang, santun, dan fokus. Pun berani mengambil keputusan.

“Mudah-mudahan saya akan melakukan itu dengan sungguh-sungguh,” kata Pramono. 

Sementara JK mengatakan, sudah lama mengenal Pramono. Ia dan Pramono sudah lama bekerja sama di pemerintahan. Ia menilai, Pramono merupakan sosok pekerja keras.

“Beliau tak meledak-ledak kayak Ahok (Basuki Tjahaja Purnama). Tapi dia pekerja keras. Saya jamin itu,” katanya.

Ridwan Kamil temui JK

Sebelumnya, bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil atau RK telah berkunjung ke kediaman JK pada Kamis, 5 September 2024. RK mengaku menemui JK hanya untuk meminta wejangan dan tidak mengajak JK masuk tim sukses (timses).

Iklan

“Oh enggak (ajak masuk timses), beliau mah sudah degree guru bangsa tempat bertanya saja, saya enggak membawa ke hal-hal terlalu teknis ya,” kata RK usai menemui JK.

RK bertemu dengan JK selama kurang lebih 1 jam sejak pukul 17.00 WIB. Mantan Gubernur Jawa Barat itu bertemu JK sendiri tanpa pendampingnya, bakal calon wakil gubernur Jakarta Suswono.

RK menjelaskan, Suswono sedang mendapatkan penugasan untuk menemui sejumlah komunitas sehingga belum bisa turut hadir mengunjungi JK.

“Ada kalanya saya sendiri, ada kalanya berdua, ada kalanya beliau bergerak sesuai yang sudah disepakati,” kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Pasangan RK-Suswono dan Pramono-Rano merupakan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024.

Selain itu, ada pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang maju dari jalur perseorangan. Ketiga bakal pasangan calon telah mendaftarkan secara resmi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta.

Sementara JK diketahui dikenal dekat dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies kerap berdiskusi dengan JK yang saat itu masih menjabat Wapres. Saat pemilihan presiden dan wakil presiden atau Pilpres 2024, Anies pun sempat menemui JK.

Pilihan Editor: Anies Baswedan Dukung Siapa di Pilgub Jakarta?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *