ICW Soroti Capim KPK Bermasalah yang Lolos, Sebut Pansel Tak Maksimal Gali Rekam Jejak


TEMPO.CO, Jakarta – Indonesia Corruption Watch atau ICW menyoroti sejumlah nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau Capim KPK yang dinyatakan lulus tes profile evaluation pada Rabu, 11 September 2024. Ada 20 nama Capim KPK yang lolos untuk mengikuti tes wawancara dan kesehatan pertengahan September mendatang.

Peniliti ICW, Diky Anandya mengatakan bahwa kelompoknya masih menemukan nama-nama dengan setumpuk persoalan dari segi kompetensi maupun integritas. Bahkan, katanya, sejumlah nama pernah dilaporkan atas dugaan pelanggaran kode etik.

“Seperti Johanis Tanak dan Pahala Nainggolan,” ujar Diky dalam keterangan tertulis, Rabu, 11 September 2024. Keduanya adalah Komisioner KPK periode 2019-2024.

Ia menilai, hal semacam itu menunjukkan bahwa Pansel KPK belum maksimal menggali rekam jejak para kandidat Capim tersebut. Padahal, menurut dia, sudah banyak kanal informasi yang bisa dimanfaatkan oleh Pansel KPK untuk mengetahui rekam jejak itu.

“Salah satunya Dewan Pengawas KPK,” ucapnya. 

ICW juga menyoroti ihwal downside kompetensi yang ada di figur Capim KPK, yaitu Johanis Tanak. Diky mengatakan, komisioner KPK Itu telah menjadikan komisi antirasuah dipersepsikan negatif oleh masyarakat selama kepemimpinannya.

“Jika style kepemimpinannya begitu, lalu untuk apa tetap diloloskan?” katanya. Diky mengungkapkan, jika figur seperti itu kembali diloloskan justru hanya akan mengulangi hal serupa terjadi.

Berikut daftar nama Capim KPK yang lolos tes profile evaluation.

1. Agus Joko Pramono

2. Ahmad Alamsyah Saragih

3. Didik Agung Widjanarko

4. Djoko Poerwanto

5. Fitroh Rohcahyanto

6. Harli Siregar

7. I Nyoman Wara

Iklan

8. Ibnu Basuki Widodo

9. Ida Budhiati

10. Johan Budi Sapto Pribowo

11. Johanis Tanak

12. Michael Rolandi Cesnanta Brata

13. Muhammad Yusuf

14. Pahala Nainggolan

15. Poengky Indarti

16. Sang Made Mahendrajaya

17. Setyo Budiyanto

18. Sugeng Purnomo

19. Wawan Wardiana

20. Yanuar Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *