Jokowi Berkantor di IKN Hari Ini, Bakal Beri Pengarahan ke TNI-Polri


TEMPO.CO, JakartaPresiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 12 September 2024, untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Jokowi diagendakan melakukan pertemuan dan memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri Tahun 2024

Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB.  Jokowi direncanakan tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Kemudian, Jokowi akan langsung menuju IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, dengan menggunakan helikopter Tremendous Puma TNI AU. “Pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri Tahun 2024 akan digelar di Ruang Nusantara, Istana Negara, IKN,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, dalam keterangan tertulis.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Presiden Jokowi berencana berkantor di IKN mulai 10 September hingga 19 Oktober 2024. Jika dihitung dari rencana tersebut, Jokowi akan berada di IKN sampai pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029.

Iklan

Namun pada 10 hingga 11 September, Presiden Jokowi masih berkegiatan di Jakarta. Misalnya salah satu agendanya adalah melantik Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Mensos di Istana Negara, kemarin.

Jokowi sendiri mengatakan bahwa ia tetap akan berkunjung ke sejumlah daerah di Indonesia menjelang masa jabatannya selesai pada pertengahan Oktober 2024. Eks Gubernur Jakarta ini menyebut kegiatannya selama berada di IKN tetap berkaitan dengan tugas pemerintah. 

“Ya rapat-rapat dengan menteri, menerima tamu-tamu seperti biasanya, dan groundbreaking beberapa investor yang masuk,” kata Jokowi  di Sumatera Utara pada Selasa, 10 September 2024.

Pilihan Editor: Presiden Jokowi siap Berkantor di IKN, Sebelumnya Berkali-kali Sempat Maju-Mundur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *