Jokowi Banggakan Aguan Berani Bangun Lodge Bintang 5 di IKN


TEMPO.CO, Jakarta Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Konsorsium Nusantara — kumpulan investor dalam negeri yang dikepalai Pendiri Agung Sedayu Staff Sugianto Kusuma alias Aguan dalam membantu pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jokowi menyampaikan ini saat meresmikan pengoperasian Swissotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara, Jumat, 13 September 2024.

Swissotel Nusantara didanai konsorsium yang dipimpin oleh Aguan. Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama pembangunan proyek Lodge Nusantara ini pada 21 September 2023. General investasi diperkirakan mencapai Rp 20 triliun.

“Saya ingin memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas pembangunan Swissotel Nusantara yang dikerjakan dalam waktu 9 bulan,” kata Jokowi dalam sambutannya dikutip dari siaran langsung Sekretariat Presiden pada Jumat, 13 September 2024.

Jokowi mengaku sempat tidak percaya proyek ini bakal rampung tahun ini. Sebab membangun Lodge Bintang 5 dengan 191 kamar, itu tidak mudah. “Saya nggak percaya. tapi saat melihat sekarang sekarang ini bener,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama Nusantara Mal Responsibility Loose. Pembangunan pusat perbelanjaan ini juga didanai oleh Agung Sedayu Staff. 

Iklan

Eks Gubernur Jakarta ini tidak merinci biaya yang diperlukan untuk membangun Nusantara Mal Responsibility Loose. Jokowi hanya mengatakan ketika pusat perbelanjaan ini rampung tentu akan membuat kota Nusantara semakin ramai.

“Rumah sakit selesai, sekolah selesai, mal nya ada, infrastruktur jalan juga memadai, saya kira akan muncul keramaian dan kita ingin segera mendorong sebanyak-banyaknya ASN kita untuk pindah ke IKN. Sebanyak-banyaknya karena,” katanya.

Pililhan editor: Luhut Sebut Prabowo Terharu saat Ikut Sidang Kabinet Terakhir Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *