Ridwan Kamil Janji Perbaiki Akses JIS yang Dianggap Belum Memadai


TEMPO.CO, Jakarta – Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil berjanji akan menyempurnakan akses menuju Jakarta Internasional Stadium (JIS) jika terpilih menjadi Gubernur Jakarta. Janji tersebut dia sampaikan mengingat banyaknya keluhan dari masyarakat akibat akses dari dan menuju JIS, yang dianggap belum memadai. 

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono sendiri mempunyai visi Kota International untuk Jakarta. “Visi kota world itu kan banyak interaksi internasional. Konser-konser, seminar-seminar, konferensi. Nah, itu risikonya turun kepada fasilitasnya ada gak, akses ke sananya memadai apa gak,” kata Ridwan Kamil usai time table Rembug Kota di Ganara Artwork House, FX Sudirman, Jakarta Pusat pada Ahad, 15 September 2024. 

Selama ini, JIS kerap digunakan sebagai lokasi untuk kegiatan-kegiatan berskala nasional bahkan internasional. Terakhir, ada konser musisi internasional Bruno Mars yang berlangsung di JIS pada tanggal 11, 13 dan 14 September 2024. 

“Jadi, kalau tadi di JIS aksesnya belum memadai, nanti (disempurnakan). Saya belum berkesempatan lah ya, meneliti secara tata kotanya, tapi pasti kami akan sempurnakan,” tutur dia.

Iklan

JIS berada di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pembangunan JIS rampung pada 2022 dengan general kapasitas 82 ribu orang.

Ridwan Kamil juga menyebut ada opsi untuk membangun lokasi acara atau venue baru di tempat yang berbeda, untuk kebutuhan-kebutuhan serupa. Venue itu, kata dia, akan dibangun dengan standar internasional. “Di sebuah tempat baru yang akses ke sananya jauh lebih mudah,” kata Ridwan Kamil.

Pilihan editor: Dominasi APH dalam Daftar Capim KPK, Akademisi: Ada Paradigma Keliru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *