Janji Pramono Anung Perbaiki Jalur Sepeda, Dianggap Bisa Atasi Kemacetan Jakarta


TEMPO.CO, Jakarta – Pembina Asosiasi BMX Indonesia, Poetoet Soedarjanto, menyebut cara mengatasi kemacetan di Jakarta, bisa dilakukan dengan meningkatkan budaya bersepeda. Hal ini sejalan dengan keinginan bakal calon gubernur Jakarta, Pramono Anung. Pramono berjanji jika terpilih menjadi gubernur akan memperbaiki kekurangan jalur sepeda di Jakarta.

Namun demikian, janji Pramono itu mendapat catatan dari Poetoet. Mantan ketua komunitas Motorbike to Paintings ini menilai bahwa Pramono hendaknya menjadikan jalur sepeda di Jakarta bukan hanya sebagai sarana rekreasi semata, tapi juga sebagai moda transportasi publik, demi mengurangi kamecatan.

“Singkatnya, solusi kemacetan itu, kembangkan transportasi umum, fasilitas pejalan kaki dan sepeda. Bagi mereka yang mampu bersepeda jauh, ya bisa langsung ke tujuan, Maka dibutuhkan jalur sepeda yang correct,” kata Poetoet kepada Pace, Minggu, 15 September 2024.

Bersepeda untuk mengatasi kemacetan, kata Poetoet, bisa direalisasikan jika pemerintah menyiapkan aspek-aspek yang mendukungnya. Sarana pesepeda tidak bisa berdiri sendiri dan harus paralel dengan transportasi umum maupun pejalan kaki.

Aspek yang saling berkaitan itu juga berhubungan dengan hak masyarakat untuk menentukan mobilitasnya dalam beraktivitas. “Sehingga masyarakat punya pilihan menarik dan nyaman untuk bermobilitas,” ujar Poetoet.

Menurut Poetoet, kebijakan pemerintah dalam memberikan ruang terhadap pesepeda sudah ada sebelum Pramono menjanjikan hal tersebut. Namun kebijakan ini dianggapnya tidak terlalu berhasil direalisasikan sebagaimana mestinya.

“Regulasinya sudah ada, tinggal pelaksanaannya saja yang masih seperti jauh panggang dari api,” ujar Poetoet, sembari menyebut, “Langkah untuk membudayakan kegiatan bersepeda dapat dilakukan dengan memberikan perlindungan kepada para pesepeda melalui fasilitas yang layak.”

Iklan

Adapun janji Pramono memperbaiki jalur sepeda jika terpilih menjadi gubernur Jakarta, disampaikannya saat berada di kawasan SCBD, Jakarta, pada Sabtu, 14 September 2024.

Sekretaris Kabinet itu menyampaikan, dirinya bersama Rano Karno akan membenahi kekurangan jalur sepeda di Jakarta. “Saya berjanji mengerjakan kecil-kecil tetapi bermanfaat langsung bagi masyarakat,” kata Pramono.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu bahkan berjanji akan membuat jalur sepeda layang jika menang dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta. Dia membayangkan jalur sepeda di Jakarta dapat dibangun sebagaimana yang ada di Thailand, Korea Selatan, dan Jepang. 

“Kami lagi memikirkan di tempat tempat tertentu, seperti di Bangkok, kemudian di Korea, Jepang, ada jalur sepeda increased yang di atas, dibuat loop,“ ucap Pramono.

Pilihan Editor: Pramono Anung Janjikan Jalur Layang bagi Pesepeda jika Terpilih Jadi Gubernur

Savero Aristia Wienanto, berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *