Ridwan Kamil Janji Perluas Jalur Transjakarta hingga Bekasi dan Bogor


TEMPO.CO, Jakarta – Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil berjanji akan memperluas jaringan transportasi publik hingga ke wilayah di sekitar Jakarta bila terpilih pada Pilkada 2024. Eks gubernur Jawa Barat ini menyatakan perluasan jaringan transportasi publik akan mempermudah mobilitas pekerja yang bermukim di kota-kota sekitar Jakarta.

Pria yang akrab disapa Emil ini menilai masalah mobilitas pekerja menjadi salah satu fokus kebijakannya ke depan. 

Transjakarta kami perjuangkan sampai ke Bekasi, Bogor dan wilayah aglomerasi. Ini akan kami perjuangkan,” kata Emil usai menghadiri deklarasi dukungan relawan di Resort Swiss-Bellin, Kemayoran, Senin, 16 September 2024.

Menurut Emil tingkat stres pekerja selama ini turut dipengaruhi oleh pola mobilisasi yang rumit dan melelahkan. Hal ini menjadi masalah sehari-hari yang dialami masyarakat city. 

Dia menilai perbaikan dan perluasan jaringan transportasi publik bisa mengurangi tingkat stres pekerja yang bermukim di luar Jakarta. “Jadi kepada mereka yang berjumlah tiga juta dan siang hari bekerja di Jakarta, kami akan memperluas fasilitas transportasi Transjakarta,” ujar Emil.

Iklan

Selain memperluas jaringan Transjakarta, Emil mengatakan dia punya wacana untuk memperpanjang jalur MRT dari wilayah Bekasi membelah Jakarta menuju Banten. 

Emil mengatakan rencana memperluas jaringan transportasi publik hingga ke daerah aglomerasi juga diatur dalam Undang-undang tentang Daerah Khusus Jakarta. Melalui aturan tersebut, kata Emil, APBD Jakarta bisa dimanfaatkan untuk menunjang daerah-daerah sekitarnya.

“Dalam UU DKJ, Jakarta ini dalam tanda kutip adalah bapak asuh bagi kota-kota yang ada di sekelilingnya, sehingga APBD bisa digunakan untuk itu,” katanya.

Pilihan Editor: KPU Ikuti Putusan MK soal Kampanye di Kampus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *