Komisi III DPR Setujui Permohonan Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk Perkuat Timnas Indonesia


TEMPO.CO, Jakarta – Komisi III DPR menyetujui permohonan naturalisasi dua pemain sepak bola keturunan Belanda sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dalam rapat usulan pemberian Kewarganegaraan Republik Indonesia. Dua atlet tersebut yaitu Mees Victor Joseph Hilgers dan Eliano Johannes Reijnders Lekatompessy. Kedua pemain tersebut nantinya akan memperkuat tim nasional sepak bola Indonesia.

Persetujuan oleh DPR tersebut disaksikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Sekjen PSSI Yusi Yunus dan perwakilan dari Kementerian Hukum dan HAM.

Menpora Dito Ariotedjo menyatakan persetujuan naturalisasi tersebut berjalan lancar. Semua persyaratan administrasi, kata Dito, telah dipenuhi.

“Di Komisi III alhamdulillah berjalan lancar, selanjutnya kami akan membahas soal naturalisasi ini bersama Komisi X yang membawahi bidang olahraga,” katanya di kompleks gedung DPR, Selasa, 17 September 2024.

Dito mengatakan naturalisasi dalam tubuh tim nasional sepakbola Indonesia ditargetkan 40 persen. Dia mengatakan langkah itu sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi tim nasional sepak bola Indonesia.

Politikus Partai Golkar ini mengatakan Eliano dan Mees Hilgers memiliki garis keturunan Indonesia dari pihak ibu. Kedua atlet sepak bola itu kini berusia 23 tahun.

Iklan

“Ibu dan kakek Eliano lahir di Jakarta dan kakek dari Mees lahir merupakan keturunan Ambon,” katanya.

Dito mengatakan kedua pemain tersebut nantinya akan memperkuat tim nasional di kualifikasi Piala Dunia. Menurutnya, program naturalisasi merupakan salah satu upaya dalam membangun sepak bola Indonesia.

“Ini merupakan pemberdayaan dalam jangka pendek di bawah lima tahun yang diperlukan untuk FIFA International Cup 2026,” katanya.

Pilihan Editor: Begini Peruntukan Tambahan Anggaran Kemenpora Rp 500 M Tahun Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *