BRGM Pulihkan Ekosistem Mangrove dengan Metode Tambak Silvofishery


INFO NASIONAL – Mangrove memiliki peran besar dalam ekosistem pesisir, sebagai habitat dari berbagai biota laut, penahan abrasi hingga mampu menyimpan cadangan karbon 3 hingga 5 kali lebih besar dibandingkan hutan tropis.

Pemulihan ekosistem mangrove memerlukan kolaborasi antar lembaga dari tingkat pusat hingga daerah agar rehabilitasi berjalan secara berkelanjutan dan optimum. 

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) tengah merehabilitasi hutan mangrove Kalimantan Utara. Provinsi itu merupakan satu diantara sembilan provinsi prioritas rehabilitasi mangrove  yang memiliki ekosistem mangrove current seluas 178.161 hektar, dan potensi habitat mangrove seluas 122.049 hektar.

Untuk itulah BRGM mengajak Penasehat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan pakar dari Universitas Borneo Tarakan untuk berdiskusi dan melihat langsung proses kerja rehabilitasi mangrove yang melibatkan masyarakat di Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Kondisi hutan mangrove di Kalimantan Utara, sebagian besar telah beralih fungsi menjadi tambak sebagai sumber mata pencaharian masyarakat pesisir. Pada awalnya masyarakat pesisir membuka hutan mangrove untuk dijadikan tambak karena memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan. Meskipun masih bersifat tradisional karena hanya mengandalkan nutrisi tersisa dari mangrove yang semula tumbuh di atasnya

Penasehat Senior Menteri Bidang Konservasi Alam dan Perubahan Iklim Efransjah, menyampaikan, “Ketika hutan mangrove dibuka sebagai tambak ternyata hasilnya sangat memadai dan memuaskan tapi kemudian menurun, karena ketika mengkonversi hutan mangrove tidak terlalu mempertimbangkan faktor biofisik.”

Menurut Efransjah, ekosistem mangrove merupakan peralihan kritis antara ekosistem lautan dan daratan. Sehingga untuk meningkatkan kembali hasil budidaya tambak, penanaman mangrove perlu dilakukan. “Selain mengembalikan fungsi ekosistem mangrove, hasil produktivitas tambak juga meningkat,” kata Efransjah. 

Salah satu kunci keberhasilan itu dengan teknik penanaman silvofishery, yaitu penggabungan teknik budidaya ikan ataupun udang dengan pemulihan ekosistem mangrove pada kolam budidaya (tambak). 

Hasil dari kegiatan silvofishery ini sangat dirasakan manfaatnya oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Pabilung, salah satu kelompok masyarakat di Desa Salimbatu.

Ketua Pokdakan Pabilung Muhammad Jufri, mengatakan, “Penanaman mangrove silvofishery ini sangat berpengaruh pada hasil panen ikan dan udang. Dari segi kualitas ikan dan udang berukuran besar, sehat serta berkembang biak dengan sempurna. Hasil tambak juga sangat diminati oleh masyarakat.” 

Dirinya mengaku, meskipun hasil penjualan ikan dan udang meningkat, namun dari segi benih untuk budidaya sangat sulit didapatkan. Bahkan untuk mendapatkan benih ikan harus membeli dari wilayah lain. Akibatnya, membutuhkan waktu yang lama serta kualitas benih yang kurang terjamin.  

Iklan

Jufri juga menuturkan bahwa kelompoknya membutuhkan bimbingan khusus dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam pemasaran produk budidaya silvofishery ini agar masuk ke dalam kategori produk organik yang bernilai ekonomi tinggi. 

Bagja Irwansyah, perwakilan dari Direktorat Jenderal Budidaya Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan menyampaikan, “Setelah melihat kondisi lapangan yang ada, di wilayah ini memiliki  dua produksi tambak, yaitu udang dan kepiting. Saat ini, kami sedang merancang modelling yang mengacu pada perlindungan lingkungan terutama kawasan tambak. Terkait ketersediaan benih, rantai pendistribusian benih sedang kami selesaikan. Kami akan melibatkan pemerintah daerah melalui Balai Benih Ikan,” kata Bagja. 

Sinergitas dan kolaborasi antar kementerian sangat perlu dilakukan mengingat, kegiatan silvofishery selain memulihkan lingkungan, juga meningkatkan pencaharian masyarakat melalui tambak.

Rehabilitasi mangrove yang menggunakan silvofishery di lahan tambak milik Ketua Pokdakan Pabilung, Muhammad Jufri. Dok. BRGM

Penasehat Senior Menteri LHK Bidang Kebijakan dan Pengendalian Implementasi Kebijakan Pengendalian Iklim Agus Pambagio, mengatakan, ”Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BRGM, Kementerian Kelautan dan Perikanan membuat kebijakan bersama untuk  kesejahteraan masyarakat. Aturan inilah yang akan menyesuaikan, ketika dampak dari kebijakan itu akan membuat masyarakat membaik,” kata Agus.

BRGM berupaya mempertahankan habitat mangrove melalui berbagai upaya yaitu memperkuat regulasi perlindungan dan pengelolaan ekosistem mangrove, dan optimalisasi pengelolaan hutan untuk menjamin keberlangsungan mangrove di dalam kawasan hutan.

Pembangunan infrastruktur rehabilitasi mangrove, pembangunan hidrologi serta penguatan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat, melalui Desa Mandiri Peduli Mangrove dan Sekolah Lapang Masyarakat Mangrove telah dilakukan. 

Kepala BRGM, Hartono mengatakan, “Rehabilitasi mangrove di pertambakan, memiliki dua fungsi utama. Pertama  untuk menambah tutupan mangrove yang telah terbuka dan kembali berfungsi. Kedua, menghindari pembukaan tambak-tambak baru dikarenakan mangrove yang ditumbuhkan mampu memenuhi kebutuhan keberlanjutan tambak yang sudah ada,” kata Hartono. 

Hartono berharap sinergitas antar lembaga dapat terwujud, agar  rehabilitasi mangrove serta budidaya menggunakan silvofishery dapat berjalan secara berkelanjutan. Peran dari pakar perguruan tinggi juga sangat penting, terlebih dalam menerapkan ilmunya untuk keberlangsungan ekosistem mangrove, dan kesejahteraan masyarakat pesisir. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *