Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS KLHK 2024 Diundur, Jadi Kapan?


TEMPO.CO, Jakarta – Pengumuman hasil seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) oleh instansi kementerian dan lembaga negara (Okay/L) serta pemerintah daerah (pemda) dijadwalkan pada 14-19 September 2024. 

Hal itu sebagaimana diatur dalam Surat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 5900/B-KS.04.01/SD/Okay/2024 perihal Penyesuaian Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS T.A. (Tahun Anggaran) 2024. 

Namun, terdapat instansi yang belum mengumumkan hasil seleksi administrasi hingga Jumat, 20 September 2024, salah satunya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Lantas, kapan pengumuman peserta lolos seleksi administrasi atau memenuhi syarat (MS) CPNS KLHK 2024? 

Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS KLHK 2024

KLHK melalui unggahannya di akun Instagram Biro Kepegawaian dan Organisasi (Ropeg) KLHK menyatakan bahwa pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS resmi diundur. Namun, KLHK tidak memberikan kepastian waktu pengumuman, tetapi hanya menyampaikan batas waktu mundurnya jadwal, maksimal hingga Selasa, 24 September 2024. 

Sobat Kepo, pengumuman administrasi pembukaan CPNS KLHK TA 2024 diundur sampai dengan maksimal 24 September 2024, tanggal 24 ya,” kata @ropegklhk, Kamis, 19 September 2024. 

Iklan

Dalam unggahannya, Ropeg KLHK menyebut bahwa mundurnya waktu pengumuman hasil seleksi administrasi tersebut sejalan dengan perpanjangan masa pendaftaran. Dari sebelumnya direncanakan berakhir pada Jumat, 6 September menjadi Selasa, 10 September 2024, akibat adanya kendala teknis pada situs penjualan meterai elektronik atau e-meterai meterai-elektronik.com yang dikelola Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Gantian kita, kemarin Sobat yang diperpanjang waktunya untuk bisa lamar, sekarang mimin dan tim izin minta waktu tambahan untuk verifikasi ya,” ucap Ropeg KLHK. 

Hyperlink Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS KLHK 2024

Adapun terkait hasil seleksi administrasi, Ropeg KLHK menyebut, nantinya pelamar seleksi CPNS 2024 dapat melihat pengumumannya di situs casn.menlhk.move.identity. “Semoga Sobat semua mendapatkan hasil yang terbaik,” ujarnya.

Selain itu, pelamar juga bisa memantau hasil seleksi administrasi CPNS melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) BKN sscasn.bkn.move.identity. Berikut langkah-langkah untuk melihatnya:

  1. Kunjungi laman SSCASN melalui tautan sscasn.bkn.move.identity.
  2. Pilih menu Masuk.
  3. Isikan nomor induk kependudukan dan kata sandi yang telah didaftarkan.
  4. Masukkan kode captcha yang muncul pada sistem, lalu klik Masuk.
  5. Pilih menu Resume Pendaftaran.
  6. Jika dinyatakan MS administrasi, maka sistem akan menampilkan “Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas”.
  7. Sementara pelamar yang tidak memenuhi syarat (TMS) seleksi administrasi CPNS KLHK 2024 akan mendapatkan pemberitahuan berbunyi “Mohon maaf. Anda tidak lulus tahap administrasi karena belum memenuhi persyaratan administrasi instansi yang dilamar”. 

Pilihan Editor: Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan saat Ujian SKD CPNS 2024? Ini Tata Tertibnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *