Kapolri Tetapkan Irjen Wahyu Hadiningrat sebagai Astamarena dan Irjen Verdianto Iskandar Jabat Astamaops, Apa Tugasnya?


TEMPO.CO, Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi sejumlah jabatan di lingkungan Polri. Di antaranya adalah posisi Asisten Utama Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Astamarena). Hal itu tertuang dalam surat telegram Nomor: ST/2100/IX/KEP./2024 according to tanggal 20 September 2024.

Jabatan Astamarena Kapolri dijabat Irjen Wahyu Hadiningrat yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrena). Apa lingkup tugasnya?

“Astamarena Kapolri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bertugas membantu Kapolri dalam penyelenggaraan fungsi perencanaan umum dan anggaran, penyiapan perencanaan kebijakan teknis dan strategi Polri, pembinaan sistem organisasi dan manajemen, serta tata laksana di lingkungan Polri, serta menyelenggarakan program reformasi birokrasi Polri,” bunyi Pasal 9 ayat (2) pada perpres tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meneken peraturan presiden (perpres) tentang Polri pada 22 Agustus 2024. Beleid ini mengatur soal jabatan Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops) dan Asisten Utama Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Astamarena).

Hal ini tertuang dalam Perpres Nomor 90 Tahun 2024 tentang Perubahan Keempat atas Perpres Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian RI. “Peraturan presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi salah satu kalimat di beleid itu, dikutip pada Ahad, 25 Agustus 2024.

Salah satu hal yang diubah adalah mengenai jabatan Astamaops dan Astamarena. Pada perpres sebelumnya, tidak ada kata ‘utama’ dalam jabatan tersebut. Sebelumnya nomenklatur dua jabatan itu adalah Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) dan Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrena).

Pada bagian lampiran, disebutkan bahwa jabatan Astamaops dan Astamarena ditempati oleh perwira tinggi (pati) bintang tiga berpangkan Komisaris Jenderal atau Komjen. Sebelumnya, Asops dan Asrena ditempati perwira bintang dua.

Iklan

Irjen Verdianto Iskandar. Istimewa

Berdasarkan putusan Kapolri tersebut, Irjen Verdianto Iskandar Bitticaca juga dikukuhkan sebagai asisten utama kapolri bidang operasi (Astamaops). Verdianto saat ini menjabat sebagai Asops Kapolri. Keputusan ini tercantum dalam surat telegram dengan Nomor ST/2100/IX/KEP./2024 yang dikeluarkan pada 20 September 2024.

Perpres 90/2024 juga menjelaskan mengenai tugas Astamaops yaitu membantu Kapolri dalam bidang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian operasi kepolisian, termasuk pelaksanaan kerja sama kementerian/lembaga serta menindaklanjuti pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan program khusus Pemerintah yang berkaitan dengan Polri.

Amelia Rahima Sari berkontribusi terhadap tulisan ini.

Pilihan Editor: Jabat Wakabareskrim Wahyu Hadiningrat Naik Pangkat Jadi Irjen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *