Malam Ini Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Jakarta, Begini Aturan Mainnya


TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum atau KPU DKI Jakarta bakal menggelar time table pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur untuk pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta, pada malam ini, Senin, 23 September 2024.

“Yang pasti tadi kami sudah menetapkan tiga pasangan calon yang besok diikuti oleh pengambilan nomor urut ya. Ini lokasi pengambilan nomor urut di sini (KPU),” kata Ketua KPU DKI Wahyu Dinata saat ditemui awak media di kantornya, Jakarta, Ahad, 22 September 2024. 

Digelar secara terbuka

Tahapan pengundian nomor urut ini rencananya akan dilaksanakan pada hari ini pukul 19.00 WIB. Meskipun digelar secara terbuka, KPU membatasi pendukung paslon yang bisa menghadiri langsung tahapan ini di gedung KPU.

Komisioner KPU Idham Kholik menyatakan, pihaknya telah membuat ketentuan jumlah pendukung setiap paslon yang boleh hadir ditentukan dari lokasi dan tempat penyelenggaraan pengundian nomor.

“Sebaiknya pasangan calon itu mengajak pendukungnya tidak terlalu banyak,“ tutur Idham kepada Pace melalui aplikasi percakapan WhatsApp, Kamis, 12 September 2024.

Dibatasi 60 pendukung

Pembatasan jumlah pendukung tersebut juga berlaku di KPU Jakarta, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta, Astri Megatari mengatakan, jumlah pendukung setiap paslon yang dapat menghadiri langsung ke gedung KPU dibatasi 60 orang.

“Dibatasi 60 pendukung masing-masing paslon,” kata Astri kepada awak media di gedung KPU Jakarta, pada Ahad, 22 September 2024. Lebih lanjut, Astri menjelaskan bahwa jumlah ini menjadi pertimbangan karena keterbatasan tempat.

“Kami membatasi supaya tidak over capability,” kata Astri.

Time table pengambilan nomor urut

Iklan

Astri juga menjelaskan ihwal time table pengambilan nomor urut. Adapun acara tersebut dimulai dengan pembacaan tata tertib, pengambilan nomor antrean, pengundian nomor urut, dan sambutan.

“Jadi sederhana aja besok untuk pengundian nomor urut,” kata Astri.

Soal mekanisme pengambilan nomor urut, kepada awak media, Astri mengatakan bahwa sistemnya akan mengikuti aturan pengundian nomor saat pemilihan presiden (pilpres). “Jadi kita ikut SOP terkait saat pilpres kemudian nomor urutnya,” ujar dia.

Ambil nomor antrean

Lebih lanjut, Astri mengatakan, nanti masing-masing paslon akan mengambil nomor antrean terlebih dahulu, agar mereka bisa mengambil nomor urut.

Selanjutnya, pihak KPU Jakarta akan mempersilakan ketiga paslon untuk menyampaikan sambutan dan setelahnya acara tersebut akan ditutup.

Adapun pasangan calon yang sebelumnya telah lolos seleksi ada tiga. Mereka adalah Ridwan Kamil-Suswono yang diusung Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus, Pramono Anung-Rano Karno yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Dharma Pongrekun-Kun Wardhana dari jalur perorangan.

Pilihan Editor: Pramono Anung-Rano Karno akan Diantar Oplet hingga Vespa Menuju KPU Jakarta Malam Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *