Menkopolhukam Akui Ada Celah Keamanan Usai Audit PDNS 2


TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto mengakui ada celah keamanan dalam Pusat Information Nasional Sementara atau PDNS 2 Surabaya. Dia menyebut temuan ini didasarkan pada audit pemerintah terhadap serangan siber yang terjadi pada 20 Juni lalu itu. 

“Kami melakukan audit secara menyeluruh terhadap PDNS 2 di Surabaya. Hasil audit menunjukkan adanya beberapa celah keamanan harus yang segera ditangani,” kata Hadi saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada Senin, 23 September 2024.

Hadi juga mengklaim pemulihan information di Pusat Information Nasional Sementara atau PDNS 2 di Surabaya sudah selesai. “Progres perbaikan sistem dan restoration yang kami laksanakan–proses dekripsi terhadap seluruh data–di PDNS 2 Surabaya telah selesai in line with 8 Agustus 2024,” ujarnya. 

Ia pun mengatakan sejumlah kementerian/lembaga yang menjadi pengguna layanan PDNS masih ingin mempertahankan datanya tersimpan di sana. Oleh sebab itu, dia berencana untuk segera memulihkan PDNS 2.

“Kami sedang melaksanakan rebuild machine PDNS 2 Surabaya yang direncanakan selesai pada akhir September 2024,” kata Hadi. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid membuka pertemuan dengan mengulas hasil rapat DPR dengan pemerintah yang membahas PDNS pada 27 Juni lalu. Meutya menegaskan bahwa keamanan siber bukan sekadar persoalan teknis melainkan isu strategis yang berdampak luas pada keamanan dan kedaulatan negara.

Meutya juga mengungkit Presiden Joko Widodo yang menugaskan agar Hadi ikut berkoordinasi langsung dalam penyelesaian permasalahan keamanan siber. Sebab, kata dia, isu itu bukan cuma tanggung jawab Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Iklan

“Jadi, tidak hanya di Kominfo dan BSSN, tapi ditarik ke atas, di Kemenko Polhukam,” kata Meutya. 

Meutya menjelaskannya bahwa KomisI ingin mendapat laporan terkini dari pemerintah mengenai tindak lanjut penanganan masalah kebocoran information di PDNS 2. “Kami ingin dalam discussion board rapat kerja Komisi I, pemerintah juga dapat menjelaskan replace terakhir mengenai pemulihan PDNS dan juga tentang rencana PDN ke depan,” ujarnya.

Pada 20 Juni 2024, PDNS 2 di Surabaya yang dikelola Kominfo mengalami serangan siber ransomware. Serangan siber ransomware yang menyerang PDNS itu dinamakan Mind Chiper Ransomware, sejenis malware yang dirancang mengenkripsi information. Akibatnya, data-data penting di sejumlah lembaga publik nasional terkunci serta tidak dapat diakses.

Menyusul insiden peretasan ini, Dirjen Aptika Kominfo yang menjabat saat itu, Semuel Abrijani Pangerapan mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya pada Kamis, 4 Juli 2024. In step with Jumat, 19 Juli 2024, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, resmi melantik Hokky Situngkir sebagai Dirjen Aptika yang baru.

Pilihan Editor: Menko Polhukam Klaim Pemulihan PDNS 2 Telah Selesai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *